ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
13 Januari 2018, 04:01

Pikat Calon Peserta dengan Jembatan Stik Es Krim

Oleh : gol | | Source : -

Siswa SMAN 20 Surabaya pull up di jembatan stik es krim

Kampus ITS Surabaya, ITS News – Roadshow Bridge Construction  Competition (BCC) berhasil menarik antusiasme siswa SMA melalui promosi jembatan berbahan dasar stik es krim yand dapat digunakan untuk pull up. Bertempat di SMAN 20 Surabaya, kegiatan ini berlangsung pada Kamis (11/1).

Setiap perlombaan pasti memiliki cara tersendiri untuk menarik calon pesertanya. Sama halnya dengan Bridge Construction  Competition (BCC) yang dalam pengenalan lombanya menggunakan jembatan stik es krim yang mampu menahan beban hingga 350 Kg.

Bridge Construction  Competition (BCC) merupakan serangkaian acara D’Village ke-8 yang diadakan oleh Departemn Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Perlombaan konstruksi jembatan ini diperuntukkan bagi siswa SMA-SMK dan sederajat di seluruh Indonesia.

Pada Roadshow kali ini, promosi BCC D’Village dilakukan dengan melakukan uji beban pada jembatan berbahan dasar stik es krim. Tujuan diadakan roadshow sendiri adalah untuk mengenalkan lebih jauh tentang Dvillage khususnya BCC kepada siswa SMA dan sederajat.

“Selain branding, dengan jembatan stik es krim ini kita juga ingin menarik minat adik-adik SMA untuk mengikuti BCC” ujar Mohammad Ali Yasidil Busthamy, panitia D’Village.

Diawali dengan pengenalanan tentang BCC kepada para siswa, kemudian dilanjutkan perngujian kekuatan jembatan dengan cara melakukan pembebanan. Pembebanan ini dilakukan dengan meminta salah satu siswa SMAN 20 Surabaya untuk pull up di antara rangka jembatan tersebut.

Erdin F, siswa SMAN 20 Surabaya mengaku heran bagaimana bisa jembatan dari stik es krim mampu menahan beban dari berat berat tubuhnya yang mencapai lebih dari 60 Kg. Ia juga merasa bahwa promosi dengan cara seperti ini lebih menarik untuk diikuti daripada hanya dengan penjelasan lisan saja..

“Keren, jembantan ini sangat kuat. Saya jadi penasaran dan ingin tahu cara membuatnya” jelas siswa kelas tiga SMA tersebut.

Pengenalan BCC dengan menggunakan jembatan dari stik es krim memang sudah menjadi tradisi dari BCC Dvillage untuk menarik minat calon pesertanya. Pasalnya, dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, peserta selalu menunjukkan peningkatan yang positif.

Roadshow tahun ini akan diadakan di empat daerah yaitu Surabya, Sidoarjo, Malang dan Gresik Jawa Timur. (hen/hil)

Berita Terkait