ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
15 Januari 2018, 14:01

Mengenal ITS Lebih Dekat dengan Ini Lho ITS

Oleh : gol | | Source : -

Talkshow tentang kiat lolos seleksi mahasiswa baru ITS bersama DrEng Siti Machmudah ST MEng

Surabaya, ITS News- INI LHO ITS kembali digelar di 3 kota yakni Jakarta, Surabaya, dan Bali. Dalam acara ini, siswa-siswa SMA se-Jawa Timur  mencoba untuk mengenal lebih dekat tentang ITS dan trik menembus seleksi masuk mahasiswa baru ITS, Minggu (14/01).

Welcome INI LHO ITS 2018 kali ini berisi tentang seminar mengenai cara masuk ITS. DrEng Siti Machmudah ST MEng, Kasubdit Penerimaan dan Pengelolahan Kuliah ITS menjelaskan mengenai jalur masuk ke ITS.

Ia mengungkapkan terdapat 3 jalur masuk ITS. Diantaranya adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Melalui SNMPTN, siswa dapat mendaftar gratis ke perguruan tinggi, hanya dengan melampirkan nilai rapor dan prestasi selama di SMA.

Nilai rapor yang dilampirkan dari semester satu sampai lima dan bentuk prestasi dinyatakan dengan sertifikat juara satu sampai harapan tiga individu atau kelompok dengan maksimal 3 orang, seperti lomba karya tulis ilmiah.

“Pada proses penyeleksian, pertama kali yang diseleksi adalah indeks sekolah, dilanjutkan jejak para alumni,” jelasnya. Jejak para alumni yang dimaksud adalah jumlah alumni sekolah yang  diterima di ITS melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, serta nilai IPK rata-rata alumni tersebut.

Ia menjelaskan ITS memiliki nilai konversi tersendiri untuk kedua faktor tadi. Jika kedua faktor tersebut sudah memenuhi syarat, maka seleksi akan dilanjutkan ke nilai rapor siswa berdasarkan perhitungan median dan ranking.

Ia juga menjabarkan tahun 2018 ini, ITS akan membuka dua departemen baru, yaitu Departemen Aktuaria dan Teknologi Informasi. Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang, tergolong ke dalam fakultas  Fakultas Matematika Komputasi dan Sains Data (FMKSD),

Sementara Departemen Teknologi Informasi adalah ilmu tentang pemrogaman, jaringan komputer, dan rekayasa peragkat lunak. Departemen ini masuk keFakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK). “Biasanya, departemen yang baru terbentuk menerima siswa dengan persaingan yang tidak begitu ketat,” tuturnya.

Siti juga mengungkapkan ITS telah menyediakan informasi lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru di situs www.smits.its.ac.id. “Silahkan dicek, insyaallah informasinya sudah lengkap disitu,” pungkasnya. (rio/gol)

Berita Terkait