ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
06 April 2018, 13:04

Ini Inovasi Spectronics dalam Mengembangkan Transportasi Efisien

Oleh : itsmis | | Source : -

Tim Spektronics ITS menyabet beberapa gelar di ICECC 2018.

Kampus ITS, ITS News – Tim Spektronics Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menunjukan kedigdayaannya dalam perkembangan teknologi chem e-car di Indonesia. Dengan inovasi dalam efisiensi bahan bakar, tim ini berhasil menjadi jawara dalam Malaysia Chem-E-Car Competition 2018, di TATI University College, Malaysia, Minggu (1/4).

Mengusung mobil bernamaa Spektronics 16, tim chem e-car pertama di Indonesia ini menyajikan konsep yang lain dari biasanya. “Kami menggunakan sistem water turbine engine, yang sejauh ini belum ada di Indonesia,” ungkap Regia Puspitasari selaku perwakilan tim Spektronics.

Dengan digunakannya sistem tersebut, reaksi yang ada di dalamnya menjadi sangat ramah lingkungan. Bahan bakar mobil Spektronics 16 ini pun dari bahan pemutih pakaian, Hidrogen peroksida, dan juga Ferric chloride sebgai katalisnya. “Penggunaan dua bahan tersebut mampu menghasilkan air dan oksigen, sebagai hasil samping yang ramah lingkungan,” ujar mahasiswi Departemen Teknik Kimia ini.

Diakui Regia, selama persiapan tetap banyak kendala yang dihadapi, meski Spektronics telah punya nama dalam eksistensi chem e-car di Indonesia. Sebab mereka membawa konsep yang berbeda dari yang lain dan upaya meningkatkan efisiensinya.

Dibutuhkan waktu selama empat bulan untuk menyiapkan mobil yang sesuai dengan konsep dan juga mampu menjawab kondisi eksternal saat perlombaan seperti, suhu, kelembapan dan friksi jalan. “Kami harus mampu menganalisa hal-hal tersebut. Dan untuk reaksi kimianya sendiri, bukanlah perkara mudah untuk menganalisa dan mengontrolnya,” tambahnya.

Namun usaha keras tersebut akhirnya terbayar. Spektronics berhasil memborong beberapa gelar. Di antaranya adalah Juara Satu Race, Best Accumulation, hingga Best Design and Concept. “Selain usaha yang tidak main-main seperti, riset, run, dan analisa data yang rutin,unci keberhasilan kami juga terletak pada semangat untuk terus berkarya dan berprestasi,” pungkasRegia, sebagai bentuk keyakinannya untuk senantiasa megharumkan nama ITS. (yok/gol)

Berita Terkait