ITS News

Jumat, 27 September 2024
08 Juli 2018, 09:07

Ini Fasilitas yang Bisa Dinikmati Mahasiswa ITS

Oleh : itsmis | | Source : -

Halte tempat pemberhentian Bus Kampus ITS.

Kampus ITS, ITS News – Berkuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memberikan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswanya. Selain kualitas pendidikan yang tinggi, fasilitas yang dapat dinikmati di ITS pun beragam. Dari asrama mahasiswa hingga transportasi umum, semua dapat dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas mahasiswa ITS.

Mahasiswa baru ITS tidak perlu khawatir mencari tempat tinggal yang berdekatan dengan kampus. Pasalnya ITS menyediakan fasilitas asrama sebagai tempat tinggal yang terletak di Kampus Sukolilo. Asrama ini pun menyediakan banyak fasilitas penunjang untuk kenyamanan penghuninya, terdiri dari fasilitas umum hingga keperluan kamar yang lengkap.

“Untuk fasilitas umum, kami ada area hotspot, ruang televisi, kantin, dan juga minimarket,” ungkap Kurnia Ardiyani Amd selaku humas Asrama ITS ketika ditemui kru ITS Online.

Setidaknya asrama ITS memiliki sepuluh gedung dari gedung A hingga gedung J yang terdiri dari single blok dan twin blok. Pilihan kamar yang ditawarkan pun juga beragam, dari satu kamar hanya berisi satu orang, dua orang, hingaa untuk kapasitas empat orang.

Asrama mahasiswa ITS, salah satu fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa baru, memiliki sedikitnya 10 gedung.

Untuk kebutuhan di dalam kamar, asrama ITS sudah sangat memenuhi kebutuhan mahasiswa sehingga mereka tidak perlu membawa banyak barang lagi. Setidaknya setiap kamar disediakan tempat tidur, cermin, meja, kursi belajar, dan almari pakaian untuk masing-masing orang. Kalau pun tetap ingin membawa barang-barang elektronik lain tidak dikenakan biaya tambahan, tidak seperti kos-kosan pada umumnya.

“Di sini untuk membawa kipas angin atau penanak nasi tidak dikenakan biaya. Tidak ada biaya tambahan untuk air juga, jadi lebih terjangkau dibandingkan hunian di luar sana.” Tutur Ninit.

Mahasiswa juga tidak perlu khawatir soal kebersihan dan keaman. Pasanya akan selalu ada satu petugas kebersihan yang bertugas di hari efektif perkuliahan serta petugas kebersihan umum. Untuk keamanan sendiri terdapat dua satpam yang selalu piket bergiliran dari pukul 4 sore hingga pukul 12 malam dan pukul 12 malam hingga pukul 8 pagi.

“Untuk bulan ramadhan maupun ketika hari libur, penjagaan akan diperketat dengan memperbanyak kegiatan patroli dari petugas keamanan,” ujar wanita asal Bojonegoro tersebut.

Guna mempererat hubungan antar mahasiswa, asrama ITS juga mengadakan beberapa kegiatan seperti penyambutan penghuni baru dan juga tarawih berjamaah saat bulan ramadhan. Pendaftaran asrama mahasiswa ITS tahun 2018 sendiri akan dibuka pada tanggal 3 Juli 2018. Pendaftaran dapat dilakukan di www.asrama.its.ac.id.

Transportasi Kampus
Tak hanya asrama, transportasi yang disediakan ITS pun harus dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Civitas akademika ITS bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dengan memanfaatkan bus dan sepeda kampus yang ada. Berkurangnya penggunaan kendaraan diharapkan mampu mengurangi polusi sehingga udara di sekitaran ITS pun menjadi lebih segar.

Pemanfaatan bus kampus sendiri akan mendukung upaya ITS menerapkan eco-campus. Sebelumnya, ITS telah meraih peringkat kedua di Indonesia untuk kampus terhijau versi UI Green Metric World University Ranking. ”Penggunaan bus kampus ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang sehat di kawasan ITS,” ujar rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD.

Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Sarana-Prasarana ITS Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD menuturkan, bus kampus juga menjadi bagian dari pengembangan di bidang pengelolaan berbasis lingkungan. “Mahasiswa diimbau untuk menggunakannya demi menjaga kawasan kampus tetap hijau,” ujar Agus Mardyanto. Untuk menarik minat mahasiswa, operasional bus sengaja dirancang tanpa memungut biaya dari penumpangnya. (id/mik)

Berita Terkait