ITS News

Jumat, 27 September 2024
12 Juli 2018, 03:07

Robot River ITS Siap Bertanding di KRI 2018

Oleh : itsmis | | Source : -

Robot River ITS saat dilepas oleh rektor di Gedung Pusat Robotika ITS.

Kampus ITS, ITS News – Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 kini resmi dihelat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Robot River kebanggaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kini siap untuk terjun di Kontes Robot ABU Indonesia. Sesuai akronim namanya, River yang merupakan singkatan dari Robot ITS nang Vietnam Rongbay ini ditargetkan menjadi jawara sehingga dapat mewakili Indonesia dalam kancah internasional.

Nama adalah doa, itulah yang diyakini Tim Robotika ITS saat membuat robot ABU River. Pasalnya, menurut mereka di dalam rangkaian namanya itu dipenuhi doa agar tim ini dapat menjadi juara di kontes ABU Robocon 2018 di Vietnam.

Muhammad Fikri, salah satu anggota tim menuturkan dalam perlombaan ini robot-robot yang terdiri dari robot manual dan otomatis ini akan menjalankan sebuah misi. Robot manual bertugas mengambil shuttlecock dari suatu rak dan mengumpankannya ke robot otomatis. Robot otomatis bertugas melemparkan shuttlecock melewati ring diatas suatu tiang sebanyak dua kali pada jarak berbeda, kemudian pada lemparan ketiga, selain harus melewati ring, juga harus mendarat pada suatu target berbentuk lingkaran.

Berbagai persiapan pun telah dilakukan tim River guna tampil maksimal di Yogyakarta. Detail kondisi robot telah ditelaah dengan teliti, begitu pula dengan masalah-masalah yang muncul saat latihan juga telah coba disingkirkan. Terakhir, uji performa robot dengan simulasi total dari seluruh pertandingan juga dilakukan guna memastikan River benar-benar siap tanding. “Kondisi robot saat ini telah stabil pada performa maksimalnya,” jelasnya.

Tak lupa kondisi seluruh elemen anggota juga dipersiapkan secara fisik dan mental untuk menghadapi kondisi dan kemungkinan yang terjadi selama pertandingan. Kini River pun telah siap bertarung dan mengharumkan nama ITS. “Strateginya dengan mengeluarkan kemampuan maksimal dari robot-robot kami, berusaha sekuatnya dan berdoa pada Tuhan YME,” pungkasnya. (hen/mik)

Berita Terkait