ITS News

Sabtu, 28 September 2024
14 Juli 2018, 07:07

Robot Tari ITS Virose Raih Juara 2 KRI 2018

Oleh : itsmis | | Source : -

Penampilan Virose di depan dewan juri.

Yogyakarta, ITS News – Robot Virose yang mewakili Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) tingkat nasional berhasil tampil memukau. Kekompakkan dua robot tari dengan busana berwarna putih tersebut berhasil menyabet juara ke-2 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (13/7).

Virose sudah bersiap di posisi awal. Alunan musik gamelan Jawa yang diterima oleh perangkat bluetooth miliknya seolah menyuruh kedua robot itu untuk bergerak. Memulai tariannya di arena biru robot ini nampak kompak menari mengikuti irama. Tarian remo yang identik dengan hentakan kaki berhasil dselesaikan dengan apik oleh Virose.

Pembina bidang robot seni, M Hilman Fatoni ST MT mengatakan, robot humanoid memiliki kesulitan tersendiri dalam melakukan tarian remo yang penuh hentakan. Namun pada pertandingan berskala nasional iini, Virose berhasil menampilkan tarian terbaiknya hadapan dewan juri. “Ada peningkatan dibandingkan KRI di Malang,” jelasnya.

Penampilan memukau Virose pun berhasil mengumpulkan nilai 82 dan mengunci juara kedua dalam KRSTI nasional tahun ini. Miftahul Arifin, salah satu anggota tim River mensyukuri hasil yang mereka peroleh di Yogyakarta. “Meskipun belum menjadi juara 1, namun kami tetap bersyukur atas perolehan ini,” pungkasnya (hen/mik).

Berita Terkait