ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
18 Juli 2018, 03:07

Kotara, Set Kotak Makan Pemupuk Nasionalisme

Oleh : itsmis | | Source : -

Kotara (Kotak Makan Nusantara) karya mahasiswa ITS.

Kampus ITS, ITS News – Kotak makan merupakan salah satu benda yang tidak asing digunakan dalam kehidupan sehari-hari, utamanya untuk siapa saja yang membawa bekal. Dengan memanfaatkan kotak makan dan botol minum sebagai media, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sisipkan pesan nasionalisme.

Akhir-akhir ini, rasa cinta terhadap tanah air mengalami penurunan khususnya bagi generasi muda seperti remaja dan anak anak. Usut punya usut, ternyata kurangnya media informasi mengenai budaya Indonesia menjadi sebab hal ini terjadi.

Adalah Virliana Amanda, Dwi Arimbi Wardaningrum, Rafida Rahmah, Bagas Brilliandhika Amin Putra, dan Johannes Suryo, yang terinspirasi dari degradasi nasionalisme tersebut. Untuk menumbuhkan semangat nasionalisme kembali, lima mahasiswa ini kemudian memiliki ide untuk membuat media edukasi efektif bernama Kotara (Kotak Makan Nusantara).

“Kotara merupakan kotak makan praktis dengan desain pulau indonesia dan budaya daerah sebagai inovasi set kotak makan kreatif dan edukatif,” papar ketua tim Kotara yang akrab disapa Virli. Virli beranggapan, bentuk kotak makan yang ada selama ini cenderung monoton dan hanya mengutamakan nilai fungsi, kurang informatif.

Memberi warna baru bagi set kotak makan, kotak makan milik Virli dan tim dibentuk berteksturkan pulau-pulau besar di Indonesia. Di bagian tutup kotak makan, diberikan informasi yang berkaitan tentang pulau tersebut. Virli mengklaim, dengan media tersebut, anak-anak bangsa dapat mengetahui informasi geografis, sosial dan budaya di Indonesia.

Virli berharap, dengan adanya kotak makan tersebut, antusiasme anak-anak untuk membawa bekal makanan dari rumah semakin tinggi. Ia menilai, hal ini akan membuat orang tua ikut senang karena adanya pembentukan pola hidup sehat. “Penggunaan kotak makan dapat mengajari anak untuk tidak jajan sembarangan,” tuturnya.

Ia dan timnya juga berharap agar Kotara ini dapat di komersialkan secara luas. “Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K), Kotara bisa menjadi media efektif untuk memupuk rasa nasionalisme anak-anak sejak dini,” pungkas Virli.

Satu set kotak makan Kotara dijual dengan harga Rp 130.000 yang terdiri dari kotak makan, botol minum, dan totebag. Sedangkan secara terpisah, kotak makan ini dijual seharga Rp 68.000,- dengan lima variasi tipe yang disesuaikan dengan jumlah pulau besar di Indonesia. Botol minum dan kotak makannya menggunakan bahan yang aman bagi kesehatan anak. “Sangat aman bagi anak-anak” terangnya. (nov/jel)

(Dari kiri ke kanan) Dwi Arimbi Wardhaningrum dengan pelanggan Kotara.

Berita Terkait