ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
03 Agustus 2018, 08:08

Tanamkan Cinta Alquran, ITS Buat Album Murottal

Oleh : itsrur | | Source : ITS Online

Kampus ITS, ITS News – Sebagai kampus teknologi tak membuat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengesampingkan kebutuhan spiritual mahasiswa. Upaya untuk menanamkan cinta Alquran di lingkungan kampus, ITS membuat album lantunan ayat suci Alquran yakni Album Murottal yang resmi dirilis pada Juli lalu.

Salah satu manfaat membaca Alquran ialah mampu menentramkan hati. Ditengah perkuliahan yang penat dan akademik yang sibuk, Alquran bisa menjadi alternatif untuk menenangkan hati. Direktur Kemahasiswaan ITS, Dr Darmaji SSi MT, mengatakan Alquran juga dapat mengembalikan fokus dan konsentrasi mahasiswa untuk belajar. “Nah, Album murottal bisa menjadi sebuah media untuk membiasakan budaya membaca Alquran di kalangan civitas academica ITS,” ungkap Dosen Departemen Matematika ITS ini.

Darmaji, sapaannya, bercerita pembuatan album murottal ini juga merupakan apresiasi kepada mahasiswa ITS yang sudah fasih dalam membaca Alquran. Album Murottal Arek ITS ini merupakan pilot project (album perdana) yang terdiri dari enam juz, di antaranya juz 1-5 dan 30. Ayat suci Al-Qur-an dilantunkan oleh tiga mahasiswa ITS, di antaranya Mochammad Ainul Hikam, Muhammad Zhofir dan Ahmad Sultan Tajuddin Zuhdi.

Pada album Murottal Arek ITS juga terdapat rekaman sholawat tarhim yang dilagukan oleh ketiga mahasiswa tersebut. “Hebatnya, pembuatan album ini dilakukan disela-sela evaluasi akhir semester tiga mahasiswa tersebut tanpa keluhan,” tutur Pria asal Lamongan tersebut terkait pembuatan album murottal.

Sambungnya, Ia menjelaskan pembuatan album murottal ini dilakukan dengan bantuan dari Derektur Kemahasiswaan ITS, tim dosen mata kuliah Agama Islam dan komunitas ITS Qur’anic Studies (IQS) yang dilakukan di Golden Hand Studio. “Dengan bantuan mereka pembuatan album ini dapat diselesaikan kurang dari satu bulan,” ungkapnya.

Selain untuk mengapresiasi ketiga mahasiswa tersebut, Darmaji menuturkan pembuatan album tersebut juga guna memotivasi mahasiswa ITS yang belum lancar membaca Alquran. “Semoga mereka tergugah untuk belajar ngaji yang baik dan benar makhroj dan tajwidnya,” harap Darmaji.

Muhammad Ricki Romadhoni, Ketua IQS mengungkapkan, pembuatan album ini merupakan salah satu cara untuk menyiarkan nilai-nilai islam di kampus ITS, sekaligus merupakan serangkaian persiapan untuk menghadapi MTQ MR. “Setiap cabang dalam MTQ MR memperoleh pelatihan masing-masing yang dilaksanakan rutin dan intensif. Pembuatan album ini dikhususkan untuk persiapan MTQ cabang Tilawatil Alquran,” ungkap Mahasiswa Departemen Teknik Kimia ITS tersebut. (rur/jel)

Berita Terkait