ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
01 September 2018, 10:09

Banjir Dukungan, Kontingen PIMNAS ITS Intensif Berlatih

Oleh : itsrur | | Source : ITS Online

Salah satu tim PKM GT ITS sedang berlatih didalam kamar penginapan.

Yogyakarta, ITS News – Tiada hari tanpa latihan, mungkin itu adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan tim Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Institut Teknlogi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Pasalnya, setibanya di Yogyakarta pada Jum’at (24/8) lalu, 15 tim bersama dengan pendamping langsung melaksanakan latihan di penginapan sebelum bertanding di PIMNAS 2018 yang dilaksanakan 29 Agustus – 1 September 2018 di Universias Negeri Yogakarta (UNY).

Rizky Dwi Putra, salah seorang tim kawal menyampaikan, sesaat setelah tiba di stasiun Lempuyangan, 15 tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri dari enam PKM Gagasan Tertulis (GT), dua PKM Kewirausahaan (K), satu PKM Karsa Cipta (KC), satu PKM Teknologi (T) langsung menuju wisma untuk melaksanakan pelatihan. “Sesaat setelah check in di wisma, anak-anak (tim PIMNAS ITS, red) langsung menjalani pelatihan,” ujarnya.

Mahasiswa Departemen Fisika ITS ini menerangkan, untuk agenda pelatihan di Yogyakarta sendiri lebih menekankan para peserta untuk siap melaksanakan presentasi karya-karya mereka. “Tidak kurang dari tiga kali sehari peserta melaksanakan simulasi presentasi dengan bimbingan dosen-dosen yang berkompeten,” jelas Rizky, sapaannya.

Untuk persiapan di Yogyakarta, kontingen PIMNAS ITS memboyong sekitar 16 dosen ITS untuk mendampingi sekaligus membimbing. “Untuk jumlah dosen yang mendampingi di sini fluktuatif, kadang bisa lebih dari 16, kadang juga kurang, karena beberapa dosen ada yang memiliki keperluan lain yang mengharuskan mereka untuk pulang,” tutur Rizky.

Selain itu, tambahnya, ada juga dosen yang datang untuk membantu melatih kontingen ITS dengan kemauan sendiri. Salah satunya adalah Adjie Pamungkas ST MdevPlg PhD, dosen sekaligus Kepala Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS. “Beliau (Adjie, red) berkunjung kemari atas keinginan sendiri, kemudian beliau juga turut serta memdampingi tim latihan,” ungkapnya.

Selain itu, dukungan penuh dari tim kawal dan tim tujuh selama di Yogyakarta membuat latihan yang sangat intensif di Yogyakarta tidak terasa melelahkan. Kontribusi tim kawal yang sangat memerhatikan kondisi kesehatan para kontingen dan tim tujuh yang selalu memberikan selingan untuk meningkatkan semangat kontingen dapat sambutan baik dari para kontingen PIMNAS ITS.

Hal tersebut disampaikan oleh Aisyah Arofatuz Zulfa Zakiyyah dari tim Nusantara Blue Carbon Insurance yang merupakan kontingen PIMNAS ITS dalam bidang PKM-GT. Ia sangat mengapresiasi tim kawal dan tim tujuh yang sangat memerhatikan kondisinya. “Saya sangat mengapresiasi tim kawal yang sudah memberikan vitamin kepada setiap kontingen dan jahe hangat untuk mengembalikan suara peserta yang sempat hilang karena terlampau sering melakukan latihan presentasi,” pungkas mahasiswa Departemen PWK ini. (rur/owi)

Berita Terkait