ITS News

Sabtu, 28 September 2024
05 September 2018, 17:09

ITS Rebut Enam Medali di Pimnas 2018

Oleh : itsrur | | Source : ITS Online

Foto seluruh kontingen Pimnas ITS saat penutupan

Yogyakarta, ITS News – Pimnas 31 telah usai dan para jawara telah diumumkan pada Sabtu (1/9). Meski belum berhasil memboyong sang Adhikarta Kertawidya, bukan berarti kontingen ITS nihil prestasi. Bibit kerja keras yang mereka pupuk selama berbulan-bulan membuahkan hasil. Dengan 15 tim yang dikirimkan, ITS sukses memenangkan enam medali dengan tiga di antaranya adalah medali emas.

Dari ketiga emas yang dimenangkan, dua di antaranya berasal dari kategori presentasi sedangkan sisanya berasal dari kategori poster. Tim-tim peraih emas presentasi sendiri berasal dari jenis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berbeda.

Dua emas kontingen ITS datang dari PKM Penelitian Eksakta (PE) yang digawangi oleh Alvin Rahmad Widynto, Rahadian Abdul Rachman, dan Ulva Tri Ita Martia. Ketiganya menggagas sebuah katalitik konverter guna mereduksi (menyaring, red) gas beracun hasil pembakaran bahan bakar kendaraan menjadi gas yang aman dan layak buang. Tim yang diberi nama Sitesis Karak Teriasi ini pun berhasil merengkuh dua emas sekaligus di kategori presentasi dan poster.

Emas selanjutnya dipersembahkan oleh Tim Apostrophe Stories dari PKM Kewirausahaan (PKM-K) yang menginisiasi rumah produksi untuk jasa pembuatan film, video, animasi, dan foto. Tim yang digawangi oleh Muhammad Rifiqi, Ade Nobi Miranto, Angeline Claudia, Faishol Izzudin Adha, dan Lukas Bagas Mukti Wibowo ini berhasil mempersembahkan emas dari kategori presentasi “Sangat senang sekali, sampai tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata,” ujar Kartika Kusuma Wardani ST Msi, dosen pembimbing tim Apostrophe Stories.

Selain mengantongi tiga emas, ITS juga membawa satu perak dan dua perunggu dari kota pendidikan, Yogyakarta. Dua buah perunggu masing-masing berasal dari kategori presentasi dan poster. Dari kategori presentasi perunggu ini disumbangkan oleh tim dengan karya berjudul Nusantara Blue Carbon Insurance. Sementara kategori poster, karya tulis yang digawangi oleh tim Tigadeku adalah penyumbangnya.

Satu-satunya medali perak ITS disumbangkan oleh tim Microbial Fuel Cell yang diketuai oleh Wulan Aulia. Dengan total enam medali yang diperoleh, Kontingen ITS sukses meraih juara umum ke-6 dalam Pimnas 31. (rur/mik)

Berita Terkait