ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
24 September 2018, 14:09

Filosofi Kunci dalam Berwirausaha

Oleh : itsmis | | Source : -

Mariyadi saat berdiskusi dengan peserta terkait filosofi kunci berwirausaha

Kampus ITS, ITS News – Teknik Sipil, ITS News- Demi menumbuhkan semangat wirausaha di kalangan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Departemen Teknik Sipil menyelenggarakan seminar kewirausahaan pada Sabtu (22/9) di Ruang Smart Class Room (SLC) Departemen Teknik Sipil. Mendapuk alumnus Departemen Teknik Sipil, Mario Mariyadi ST MM, CEO PT Multi Power Abadi, mahasiswa dibekali filosofi kunci dalam berwirausaha.

Bagi Mario Mariyadi ST MM, sebelum memulai wirausaha seorang pengusaha harus terlebih dahulu mengenal filosofi kunci berwirausaha. Filosofi kunci berwirausaha tersebut terdiri dari menentukan tujuan, mengetahui posisi, dan mencari tahu cara menggapainya. “Filosofi kunci ini mirip dengan filosofi saat kita menggunakan aplikasi GoJek,” ucap pria yang kini aktif dalam bidang konstruksi tersebut.

“Saat kita memesan GoJek, pertama kita menentukan tujuan, menentukan posisi penjemputan dan hingga akhirnya kita diantarkan menuju tujuan,” terang alumni Departemen Teknik Sipil tahun 1998 tersebut memberikan ilustrasi.

Sama halnya dengan berwirausaha, dengan mengerti tujuan bisnis maka hal tersebut akan mempermudah berjalannya bisnis karena pengusaha setidaknya memiliki gambaran umum terkait bisnis tersebut. Selanjutnya, ketika paham menentukan posisi, maka pengusaha akan mengerti seberapa jauh kapasitasnya dalam bisnis tersebut.

“Dengan sadar posisi, pengusaha akan paham apa saja yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan dalam proses menjalankan bisnis,” terangnya. Selain itu, hal terakhir yang perlu dikuasai ialah tahu betul apa saja rencana yang akan dilaksanakan untuk menggapai tujuan tersebut.

Mariyadi juga memaparkan dalam berwirausaha pengusaha tidak boleh takut dengan kegagalan. “Harus ada tekad dan keberanian untuk menentukan apakah kelak bisnis akan bertahan atau dikalahkan oleh kompetitor. Terlebih di zaman sekarang, kompetisi terbuka sangat terbuka lebar sehingga pengusaha harus selalu berani dan mengasah kemampuan diri,” ucapnya.

Diakhir, Mariyadi berharap dengan adanya seminar wirasusaha ini, semakin banyak bibit mahasiswa yang kelak terjun dalam dunia bisnis dan paham betul bagaimana menjalankan bisnis yang digarap. (ion7/jel)

Berita Terkait