ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
03 Oktober 2018, 22:10

Siapkan Dunia Kerja, Himka ITS Hadirkan Pelatihan ISO

Oleh : itsmis | | Source : -

Alvin Romadhani Putra Hidayat saat menjelaskan kegiatan Raining yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA)

Kampus ITS, ITS News – Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang kompeten di dunia kerja, Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyelenggarakan pelatihan International Organization for Standardization (ISO). Dengan menggandeng PT Decra Group, pelatihan ini berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (29/9). Departemen Kimia

Ketua pelaksana, Alvin Romadhani Putra Hidayat menjelaskan, persaingan yang ketat dalam dunia kerja menuntut mahasiswa membekali diri dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Salah satu bukti keterampilan tersebut dapat dilihat dari sertifikasi keahlian yang dimiliki pelamar kerja. “Kami ingin membantu sertifikasi mereka dengan mengadakan pelatihan ISO,” ujarnya kepada ITS Online.

Alvin menambahkan, perbedaan pelatihan kali ini dengan tahun sebelumnya ialah pelatihan kali ini diadakan terpisah dengan Career Day. Selain itu, untuk pertama kalinya juga Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) bekerjasama dengan PT Decra Group Indonesia,. PT Decra Group adalah salah satu badan penyelenggara pelatihan dan sertifikasi. “Untuk PT Decra Group sendiri kami mendapat saran dari Departemen Teknik Kimia,” ungkap mahasiswa asal Surabaya tersebut.

Pelatihan ISO kali ini memadukan tiga jenis ISO yakni ISO 9001, 17025 dan 45001. Masing-masing ISO ini berfokus pada bidang manajemen mutu, laboratorium pengujian dan kalibrasi, serta sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. “Mereka akan mendapatkan tiga sertifikasi sekaligus,” tambahnya.

Pria kelahiran 1998 itu menyampaikan, pelatihan yang mengusung jargon Awal Keprofesian yang Gemilang ini diikuti oleh 100 peserta. Dengan menargetkan peserta utama dari angkatan 2014 dan 2015. “Saya harap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga mampu mengangkat nama lulusan ITS di pasar kerja,” tuturnya.

Sejalan dengan hal itu, Nadya Rosita Asri, peserta dari Teknik Kimia Industri merasa terbantu usai mengikuti kegiatan ini. Menurutnya pelatihan ISO semacam memang sangat penting karena menjadi pertimbangan bagi perusahaan. “Ini pelatihan pertama yang saya ikuti, ilmu dan sertifikasi yang diberikan akan sangat menunjang dalam dunia kerja,” pungkasnya. (hen/jel)

Berita Terkait