ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
14 Oktober 2018, 16:10

Nasihat Wakil Gubernur NTB untuk Mahasiswa ITS

Oleh : itsmis | | Source : -

Wagub NTB Dr Ir Hj Sitti Rohmi Djalilah mengisi acara kuliah tamu di gedung robotika ITS

Gedung Robotika, ITS News – Kuliah tamu bertajuk Tantangan Entrepreneur dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, menghadirkan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) yang baru terpilih, Dr Ir Hj Sitti Rohmi Djalilah MPd sebagai pembicara kunci. Pada acara yang dimotori oleh Depatemen Studi Pengembangan Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, pembicara menyempatkan memberikan nasihat bagi mahasiswa ITS dalam menghadapi dunia entrepreneur. Sabtu (13/10).

Rohmi, sapaannya, menyampaikan bahwa dunia entrepreneur saat ini berada pada era disruption (gangguan, red). Gangguan ini menyebabkan adanya berbagai pergeseran tata cara dan praktik yang harus disikapi dengan baik. “Zaman boleh berubah, tetapi prinsip nilai yang kita pegang tak boleh berubah,” ujar alumnus Departemen Teknik Kimia ITS ini.

Kakak dari Gubernur NTB periode sebelumnya Dr TGB Muhammad Zainul Majdi Lc MA ini menyampaikan bahwa dalam menghadapi persaingan, saat menciptkan karya harus mengutamakan kebermanfaatan bagi masyarakat dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat. “Bukan hanya sekadar bagus saja. Solusi benar lebih baik daripada solusi keren,” tegasnya.

Terkadang sesuatu hal yang bagus dimata kita, jika tidak adaptif terhadap perkembangan zaman, tidak dapat mengakomodasi perkembangan dan tidak mampu mengikuti perubahan yang terjadi di masyarakat maka hal tersebut akan menjadi sia-sia. “Jika solusi tepat memang kelihatan simpel dan tidak keren tetapi bisa berpengaruh bagi masyarakat tentu menjadi solusi yang lebih bermanfaat. Jadi lebih baik membuat keputusan yang tepat daripada yang terlihat wah,” ungkap wanita kelahiran Lombok Timur tersebut.

Dalam kesempatan ini Wagub NTB ini juga mengungkapkan prinsip beliau dalam menjalani berbagai hal. ”Kalau kita menghadapi halangan, rintangan, ketahuilah bahwa hal tersebut bukan untuk menghancurkan kita, tetapi justru untuk membangkitkan kita, meningkatkan kualitas kita menjadi insan yang lebih baik lagi,” pungkas beliau sambil menutup acara dengan Vivat ITS. (ion16/jel)

Foto bersama Wagub NTB Dr Ir Hj Sitti Rohmi Djalilah MPd (dua dari kiri) Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES

Berita Terkait