ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
16 Oktober 2018, 16:10

MAGE ITS Helat Pelatihan Website Berbasis Laravel

Oleh : ITS-Online | | Source : -

Peserta ketika melakukan tutorial Laravel

Kampus ITS, ITS News – Demi meningkatkan kompetensi mahasiswanya, ITS menghelat workshop mengenai dasar dasar pembuatan website pada Sabtu (13/10) di Departemen Teknik Komputer. Workshop yang termasuk dalam rangkaian acara Multimedia and Game Event 4 ini ditujukan bagi masyarakat umum maupun mahasiswa ITS yang tertarik untuk mempelajari pengembangan website berbasis Laravel.

Menariknya, pemateri dalam workshop ini adalah dua orang Asisten Laboratorium Komputasi Multimedia, Departemen Teknik Komputer ITS yaitu Raden Marwan Januar dan Billy. Menurut Billy, ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari pembuatan website, misalnya untuk menunjang prestasi atau bisnis. Berangkat dari hal tersebut, diadakanlah workshop pembuatan website berbasis Laravel.

Mahasiswa tahun keempat ini menerangkan, Laravel merupakan sebuah kerangka kerja aplikasi pembuat website yang dapat diakses secara gratis oleh semua kalangan. “Aplikasi ini juga merupakan tipe yang paling mudah dan aman bagi pemula, sebab mengandalkan tiga konsep dasar yaitu Model, View, dan Controller (MVC) yang cukup mudah untuk dipelajari,” tutur Billy.

Selaras dengan Billy, Raden menjelaskan lebih lanjut mengenai tiga konsep dasar dalam pembuatan website menggunakan Laravel. “Model merupakan komponen yang sesuai dengan kode terkait data yang digunakan oleh pengguna, View merupakan komponen yang digunakan untuk semua aplikasi logika, sedangkan Controller bertindak sebagai penghubung antara Model dan View dalam memproses, memanipulasi, dan merakit hasil akhir dari data yang diinputkan,” paparnya.

Billy menambahkan, selain mudah Lavarel juga telah diakui oleh standar dunia kerja. “Karena kita sudah tahu standarnya, maka akan semakin mudah untuk bisa membangun kerja sama antar tim nantinya,” tandas Billy. (ion24/qi)

Suasana tutorial

Berita Terkait