ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
17 Oktober 2018, 14:10

MAGE ITS Kenalkan Dasar Dasar Pembuatan Game

Oleh : itsmis | | Source : -

Suasana workshop pelatihan dasar dasar pembuatan game

Kampus ITS, ITS News – Helatan Departemen Teknik Komputer (DTC) ITS, Multimedia and Game Event (MAGE) 4 kembali hadir dengan rangkaian acara workshopnya. Salah satu topik pelatihan dalam workshop yang berlangsung pada Minggu (14/10) di DTC ini adalah pengembangan game.

Memasuki revolusi industri 4.0, kian banyak tantangan untuk bersaing dalam dunia digital, tak terkecuali industri game. Tak ingin tertinggal, topik ini diangkat sebagai salah satu materi dalam rangkaian workshop MAGE. Adapun pemateri dalam kegiatan ini adalah Ketua Divisi Grup Development Game di Laboratorium B201, Khalil Satyadama.

Menurut Khalil, peserta setidaknya harus memahami sistem kerja dari pengembang game itu sendiri. “Peserta akan dikenalkan dengan dasar-dasar pembuatan game menggunakan aplikasi Unity, dimulai dari bagaimana menulis program sampai penerapannya,” tutur Khalil.

Ia melanjutkan, Unity sendiri merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh pemula untuk mengembangkan game mereka. Menurutnya, terdapat tiga hal dasar yang harus dikuasai dalam menggunakan Unity, diantaranya kemampuan dasar dalam hal programming, matematika, dan fisika.

Pria asal banyuwangi ini menjelaskan, kemampuan programming diperlukan untuk menunjang kemampuan pengguna dalam mendesain perilaku objek. Sementara itu pengetahuan matematika mengenai persamaan garis dan trigonometri akan memudahkan penguna dalam mengarahkan suatu objek. Adapun pemahaman ilmu fisika seperti gerak translasi, gerak rotasi, hingga momentum dibutuhkan pengguna untuk menciptakan gerak objek yang alami.

Khalil berharap, melalui pelatihan ini wawasan peserta mengenai pengembangan game akan bertambah. “Bermain game itu gampang, hampir semua orang bisa. Namun, membuat game tidak semudah bermain game, dan tidak semua orang bisa melakukannya,” pungkasnya. (ion24/qi)

Peserta saat simulasi pembuatan game dengan Unity

Berita Terkait