ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
17 Oktober 2018, 14:10

Workshop MAGE Hadirkan Materi yang Lebih Mudah Dipahami

Oleh : itsmis | | Source : -

Gagat Satya saat memberi penjelasan mengenai pelatihan MAGE 4

Kampus ITS, ITS News – Gawe Besar Departemen Teknik Komputer (DTC), Multimedia and Game Event (MAGE) 4 kembali dihelat. Pada series keempatnya ini, salah satu rangkaian kegiatan yang di selenggarakan adalah workshop. Workshop berbungkus pelatihan tersebut membahas mengenai pembuatan website dan game sederhana, menggunakan aplikasi Laravel dan Unity. Bertempat di DTC ITS, kegiatan ini berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (13/10).

Ketua pelaksana MAGE 4 Gagat Satya mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan MAGE 4 yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada peserta mengenai dasar dasar pembuatan game dan website. Adapun aplikasi yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Laravel untuk Website dan Unity untuk Game.

Lebih lanjut Gagat menjelaskan, Laravel merupakan layanan yang terbuka dan dapat dinikmati semua kalangan tanpa perlu membayar. Adapun Unity dipilih karena dapat digunakan untuk mengembangkan game dalam berbagai platform seperti Windows, Linux, Unity Web, Android, iOS, dan Flash.

Selain gratis, kedua aplikasi ini juga tak menuntut kemampuan tinggi dari penggunanya sehingga sangat sesuai sebagai media pelatihan. “Kedua aplikasi ini sengaja dipilih karena bisa diakses secara gratis, dan cenderung mudah untuk dipelajari bagi pemula,” tutur Gagat.

Khalil berharap, para peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini sebagai sarana pengembangan diri mereka. “Kesempatan seperti ini belum tentu datang dua kali, semoga pelatihan yang diberikan dapat bermanfaat bagi pengembangan diri peserta, serta masyarakat sekitar,” tandasnya.

Sementara itu salah satu peserta pelatihan, Muhammad Farid Fathul Huda Pradhana, mengaku senang usai mengikuti pelatihan. “Semoga pelatihan semacam ini bisa terus diadakan di ITS, sebab ilmu yang disampaikan sangat bermanfaat,” tutur mahasiswa Departemen Teknik Informatika ITS ini. (hen/qi)

Berita Terkait