ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
08 November 2018, 13:11

Kuatkan Pemberitaan, Liaison Officer ITS Belajar Menulis Press Release

Oleh : itsmis | | Source : -

Foto bersama UPPH ITS dengan Liaison Officer ITS yang telah mengikuti pelatihan penulisan Press Release

Kampus ITS, ITS News – Hubungan masyarakat (humas) menjadi garda terdepan dalam pemberitaan suatu perguruan tinggi (PT). Salah satu tugasnya adalah menulis Press Release atau siaran pers yang kemudian disebarkan ke media-media luar. Guna meningkatkan kemampuan para Liaison Officer (LO) setiap unit dan departemen di lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam penulisan siaran pers, maka Unit Protokoler, Promosi dan Humas (UPPH) ITS menggelar pelatihan penulisan Press Release di Ruang Sidang Rektorat, Rabu (7/11).

Peserta terdiri dari perwakilan Liaison Officer (LO) Protokoler, Promosi dan Humas ITS yang masing-masing dari mereka belajar mengenai teknik penulisan berita. Materi diawali dengan pengenalan mengenai teras berita, aturan penulisan judul, isi berita, hingga teknik pengambilan foto jurnalistik dikupas tuntas di pelatihan ini. Di akhir, terdapat simulasi penulisan teras berita yang kemudian masing-masing tulisan akan mendapat koreksi dari pemateri.

Kepala UPPH Dr Dra Melania Suweni Muntini MT mengatakan, kemampuan menulis Press Release penting dimiliki LO setiap unit dan departemen. Sebab menurutnya, LO memiliki peranan penting dalam mengabarkan setiap kegiatan yang dilaksanakan di lingkup ITS. “Sehingga kita tidak kewalahan karena ITS seringkali memiliki acara di waktu bersamaan,” terangnya.

Kepala Unit Protokoler Promosi dan Humas ITS saat memberikan sambutan dalam pelatihan penulisan Press Release untuk para Liaison Officer ITS

Dijelaskan dosen Departemen Fisika ITS ini, terdapat suatu prosedur jika unit maupun departemen ingin mengajukan permohonan peliputan. Sebelum melaksanakan suatu kegiatan, unit protokoler dan humas diwajibkan untuk mengirimkan Press Release terlebih dahulu. “Agar kita tahu garis besar acaranya seperti apa dan akan memudahkan media juga dalam peliputan,” ucap Melania, sapaannya.

Tidak berhenti sampai di sini, para LO ini nantinya akan mengikuti pelatihan fotografi sesi kedua yang akan digelar dalam waktu dekat. “Harapan kami, masing-masing unit maupun departemen dapat saling bekerja sama guna menghasilkan pemberitaan terbaik ITS baik bagi media luar maupun masyarakat umum,” tutup Melania. (owi)

Pemberian materi Teknik Penulisan Berita oleh Indah Tri Sukmawati Sos, Staf UPPH ITS

Berita Terkait