ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
30 November 2018, 01:11

Bengkel Mesin ITS Helat Pelatihan Dasar Otomotif

Oleh : itsmis | | Source : -

Direktur Inovasi, Kerja sama, dan Kealumnian ITS, Dr Eng Kriyo Sambodho ST M Eng ketika memberikan sambutan pada PDDO 2018

Kampus ITS, ITS News – Hampir setiap orang di zaman ini memiliki kendaraan bermotor, namun hanya sebagian kecil yang paham cara merawatnya. Gap ini menyebabkan pengetahuan mengenai dasar otomotif menjadi penting untuk dikuasai. Menyikapi hal ini, Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin (LBMM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama Science Techno Park (STP) ITS menghelat Pelatihan Dasar-Dasar Otomotif (PDDO) di Gedung Automotive and Forensic STP pada Sabtu (24/11).

Dijelaskan oleh Direktur Inovasi, Kerja sama, dan Kealumnian ITS, Dr Eng Kriyo Sambodho ST MEng bahwa pengetahuan otomotif dasar penting untuk dikuasai oleh semua kalangan pengguna kendaraan bermotor, bahkan wanita. Hal ini disebabkan kendaraan bermotor sudah erat sekali hubungannya dengan aktivitas sehari-hari masyarakat. “Saya berharap, melalui pelatihan ini peserta mampu memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai kondisi kendaraan bermotornya,” ujar pria yang akrab disapa Dodot ini.

Adapun 25 peserta yang hadir dalam pelatihan ini tidak hanya berasal dari ITS, melainkan juga mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga pendidikan di Surabaya. Termasuk diantaranya Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Veteran Jawa Timur, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Surabaya.

Senada dengan Dodot, Koordinator STP Otomotif ITS, Dr Bambang Sudarmanta ST MT menerangkan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian ITS terhadap masyarakat sekitar. Ia menjelaskan, selama dua hari ini para peserta akan dibekali pengetahuan yang meliputi perkembangan otomotif Indonesia, perawatan dan penyetelan, hingga masalah umum yang sering terjadi dalam dunia otomotif. “Saya berharap, pengetahuan yang disampaikan dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh dan bagi peserta,” tutur Pria yang juga menjabat sebagai sekretaris Departemen Teknik Mesin ITS ini.

Dr Bambang Sudarmanta ST MT sebagai Koordinator STP Otomotif ITS ketika memaparkan materi mengenai perkembangan teknologi otomotif

Sebagai pengimplementasian dalam jangka dekat, lanjut Bambang, para peserta di penghujung rangkaian pelatihan dituntut untuk melakukan praktek servis terhadap kendaraannya masing-masing, tentunya dibawah bimbingan mahasiswa anggota LMBB ITS. “Tujuannya supaya peserta lebih memahami penerapan dari pengetahuan yang telah diajarkan selama pelatihan,” terangnya.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Bambang mendorong peserta yang berasal dari perguruan tinggi lain untuk turut menghelat kegiatan serupa di kampus mereka. Ia bahkan menawarkan bentuk kerjasama dengan LMBB ITS maupun STP Otomotif ITS untuk membantu dalam pelaksanaan. “Silahkan bersama ITS dilakukan acara semacam ini di kampus kalian, agar mahasiswa ITS dapat membagikan ilmunya kepada lebih banyak orang,” tandasnya. (mad/qi)

Dr Bambang Sudarmanta ST MT sebagai Koordinator STP Otomotif ITS (kiri) ketika memberi sambutan pembukaan, bersama dengan Direktur Inovasi, Kerja sama, dan Kealumnian ITS Dr Eng Kriyo Sambodho ST M Eng (kanan)

Berita Terkait