ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
30 Maret 2019, 16:03

Tingkatkan Produktivitas Perusahaan dengan Odoo

Oleh : itsnaj | | Source : -

Agung Hario ketika melakukan penyuluhan Odoo pada sebuah kesempatan (Sumber: cloud.datacomm.co.id)

Kampus ITS, ITS News – Dalam rangka memaksimalkan produktivitas perusahaan, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat menyelaraskan kinerja antar divisi. Dalam dunia kerja, sistem semacam ini disebut Enterprise Resource Planning (ERP). Adapun salah satu program ERP yang paling diminati oleh berbagai perusahaan adalah Odoo. Hal ini dikupas tuntas oleh Agung Hario, Manager di ODOO Nusantara dalam kuliah tamu online mata kuliah Sistem Enterprise oleh Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada Sabtu, (30/3).

IT Manager di PT Classic Prima Carpet Industries (KNS Group) ini mengatakan, Odoo hadir sebagai pilihan yang layak dipertimbangkan perusahaan karena cocok untuk diterapkan pada industri kecil dan menengah. Odoo sendiri adalah software manajemen sumber daya perusahaan yang cukup mudah untuk diterapkan. “Keunggulan Odoo adalah sifatnya yang merupakan software open source, artinya dapat digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi,” terangnya.

Odoo juga menerapkan konsep anywhere and anytime, sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun, sebab Odoo dapat dijalankan hanya dengan menggunakan browser biasa. “Tak peduli browser apa yang digunakan, asal browser tersebut bisa menjalankan program java script, itu sudah bisa,” sambung Agung.

Agung sendiri menekankan bahwa Odoo memiliki banyak modul resmi hingga lebih dari seribu modul, yang dapat digunakan sesuai keperluan perusahaan. Ia melanjutkan meskipun Odoo mempunyai modul yang sangat banyak, namun tidak semua harus diimplementasikan. “Hal ini sangat tergantung dari kebutuhan perusahaan,” tandasnya.

Adapun enam modul utama yang membentuk pilar utama dalam ERP diantaranya adalah modul penjualan, modul pembelian, modul gudang, modul manufacture, modul accounting dan modul sumber daya manusia. “Dengan menguasai enam modul pokok ini, mahasiswa akan mendapatkan kompetensi tambahan yang mampu mendongkrak peluangnya dalam dunia kerja,” tutur Agung.

Kelebihan lain dari Odoo adalah waktu implementasinya yang relatif pendek. Hal ini dibangun dengan memulai dari beberapa modul saja sudah bisa dijalankan. Selain itu, dengan sekali implementasi maka seluruh kebutuhan di perusahaan tersebut akan terintegrasi. Sehingga komunikasi antar departemen akan menjadi lancar, dan produktivitas perusahaan akan meningkat. (naj/qi)

Berita Terkait