ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
01 April 2019, 10:04

Integrasi Website Sebagai Portal Media Utama ITS

Oleh : itsmik | | Source : https://www.its.ac.id

Dr Dra Agnes Tuti Rumiati Msc sebagai sekretaris ITS saat pemberian sambutan Workshop Migrasi Website Fakultas dan Unit

Kampus ITS, ITS News – Seiring berjalannya waktu, website Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi gerbong utama sarana komunikasi masyarakat untuk mengenal ITS hingga level yang paling dalam. Upaya untuk terus meningkatkan reputasi ITS ini menjadi penting untuk mencapai visi ITS menjadi World Ranking Universities. Oleh karena itu, pada Rabu (27/3) lalu ITS menggelar Workshop Migrasi Website Fakultas dan Unit di Gedung JW Mariot Surabaya.

Acara ini bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh website di ITS menjadi satu domain. Pengintegrasian website ITS ini dimaksudkan untuk memberikan informasi yang komprehensif mengenai ITS kepada publik. Selain itu, pengintegrasian ini juga bertujuan untuk memudahkan para calon mahasiswa dalam menemukan informasi yang akurat mengenai ITS. “Eksistensi ITS sebagai pusat peradaban sains dan teknologi akan dapat diikuti oleh masyarakat melalui website yang terintegrasi,” ucap Dr Dra Agnes Tuti Rumiati Msc dalam sambutannya.

Hal ini dilatarbelakangi oleh tidak sinkronnya website-website yang dimiliki oleh fakultas maupun unit dengan website utama ITS, yakni www.its.ac.id. Untuk itu website-website fakultas akan dimigrasi agar sinkron dengan website milik ITS. “Jadi yang dimaksud migrasi disini merupakan pemindahan website yang lama ke yang baru,” ungkap sekretaris ITS itu.

Nantinya setiap fakultas memiliki liaison organizer (LO) pada website unit ITS. “LO ini bertugas untuk mengupdate, menambah informasi serta memberi masukan pada kami dalam mengembangkan website,” jelasnya. Disamping itu, terdapat pula template khas ITS yang disediakan untuk mendukung kesamaan ciri dari unit-unit tersebut. Pengelolaan dan pengembangan website juga akan melibatkan seluruh komponen yang ada di ITS.

Website ITS sendiri telah berhasil meraih peringkat dua dalam ajang Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) 2017. Selain itu pada tahun 2019 ini website ITS berhasil menduduki peringkat tujuh versi Webometrics dari berbagai segi penilaian seperti desain, kemudahan akses informasi, interaktif, serta informasi yang up to date. (vi/mik)

Berita Terkait