ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
03 April 2019, 19:04

Tambah Dua Event Baru, D’village 2019 Sukses Dihelat

Oleh : itssof | | Source : -

Dekan Fakultas Vokasi ITS, Ir M Sigit Darmawan MEngSc PhD yang turut hadir dalam puncak kegiatan D’Village di Tunjungan Plaza Surabaya

Kampus ITS, ITS News – Saat ini, perkembangan dunia ketekniksipilan semakin tak terbendung dengan berbagai inovasi barunya. Menyesuaikan dengan hal tersebut, Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar rangkaian acara yang mereka sebut dengan D’village. Berlangsung selama tiga hari mulai Jumat (30/3), kegiatan ini diselenggarakan pada tiga tempat yang berbeda, yaitu Kampus ITS Manyar, Gedung Robotika ITS, dan Tunjungan Plaza Surabaya.

D’village merupakan rangkaian acara yang bertujuan untuk mengembangkan jiwa mengenai teknik sipil yang ada pada diri siswa dan mahasiswa di Indonesia. Kemudian, tema yang diangkat pada rangkaian acara kesembilan ini adalah Limitless Innovation for Accelerating the Future. Ketua Pelaksana D’village, Gemilang Kenfaizarta menjelaskan, tema ini diambil karena harapannya pada berbagai inovasi yang telah diciptakan pada lomba ini dapat diaplikasikan dan berguna pada masyarakat umum di Indonesia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, terdapat dua kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan dalam serangkaian kali ini, satu diantaranya yaitu Asphalt Concrete Competition (ACC). Kompetisi ini menantang para mahasiswa di Indonesia untuk berinovasi pada pembuatan aspal. Kemudian yang kedua yakni Job Fair yang nantinya akan diselenggarakan untuk pertama kali di Tunjungan Plaza Surabaya. Tidak hanya dapat diikuti oleh mahasiswa diploma sipil, kegiatan tersebut juga bisa diikuti oleh semua pengunjung salah satu pusat pembelanjaan di Surabaya ini.

Kepala Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Dr Machsus ST MT ketika membuka kegiatan BCC di Gedung Robotika ITS

Sedangkan empat kegiatan yang lainnya yaitu Bridge Construction Competitin (BCC), Tender Cup (TC), Civil Innovation Paper Competition (Cinnertion), dan Talkshow sudah pernah diselenggarakan pada tiap tahunnya.

Kepala Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ITS, Dr Machsus ST MT menyebutkan bahwa keempat lomba yang diadakan ini sebenarnya mewakili dari empat bidang konsentrasi keilmuan yang telah ada di departemen ini. Bidang tersebut meliputi bangunan gedung, bangunan transportasi, bangunan air, dan manajemen kontruksi bangunan.

Kemudian, lanjut Machsus, saat ini sudah mulai membicarakan mengenai satu cabang lomba yang baru lagi. Lomba tersebut akan menantang mahasiswa untuk membuat sebuah miniatur bangunan yang tahan terhadap guncangan seperti gempa bumi. Banyak pertimbangan yang membuat masih belum bisa diselenggarakan lomba tersebut. Salah satunya mengenai kesiapan alat uji yang ada di departemen tersebut. “Jadi harapannya dalam waktu dekat, semoga satu cabang lomba yang baru tersebut bisa segera terlaksanakan,” harap Machus ketika ditemui ITS Online di Gedung Robotika. (sof/owi)

Keramaian para tamu undangan bersama peserta pada malam puncak rangkaian acara D’village kesembilan

Berita Terkait