ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
02 Mei 2019, 11:05

Dorong Digitalisasi di Hari Pendidikan Nasional

Oleh : itssof | | Source : https://www.its.ac.id/

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ahari MEng ketika menyampaikan sambutanya dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Plaza Dr Angka

Kampus ITS, ITS News – Mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satu tujuan Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang – Undang Dasar (UUD) 1945 . Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyampaikan pada sambutan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional bahwa momentum ini diartikan sebagai peringatan bagi putra-putri Indonesia atas pendidikan tanah air, Selasa (2/5).

Pria yang akrab disapa Ashari itu menyatakan dari sekitar 4700 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, baru 75 institusi yang berhasil mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). Hal ini tentunya menjadi masalah yang besar bagi pemerataan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. “Seharusnya, jumlah yang mendapatkan akreditasi A mencapai lebih dari setengahnya dari seluruh perguruan tinggi yang ada,” ujar Ashari.

Di samping itu, Ashari berpendapat bahwa sebenarnya dunia ini sedang mengalami gangguan teknologi. Pasalnya, terdapat banyak pekerjaan manusia yang dapat digantikan oleh mesin atau robot. “Hal ini tentunya juga memengaruhi konsep pendidikan yang ada di Indonesia,” tutur Dosen Fakultas Teknologi Elektro itu.

Untuk lima tahun ke depan, orang nomor satu di ITS itu menyatakan bahwa institusi ini akan menaruh perhatian khusus pada bidang pendidikan yang juga dikaitkan dengan dunia digital. Salah satu contohnya yaitu dengan berperilaku digital, suatu perilaku menyelesaikan masalah dengan bantuan teknologi digital. Selain itu, Ashari pun menyatakan bahwa kurikulum mahasiswa juga akan disesuaikan dengan kondisi teknologi saat ini. (sof/mir)

Berita Terkait