ITS News

Minggu, 29 September 2024
07 Mei 2019, 16:05

Belajar Rawat Kendaraan Lewat KDDO 2019

Oleh : itsdik | | Source : https://www.its.ac.id/

Mekanik LBMM ITS memberikan pelatihan perawatan mobil bagi pesertaKDDO 2019

Kampus ITS, ITS News – Memiliki kecakapan terhadap persoalan teknis kendaraan, menjadi salah satu hal krusial yang seharusnya dipahami oleh pengendara. Menanggapi hal tersebut, Departemen Teknik Mesin Institut Tekologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin (LBMM) menyelenggarakan Kursus Dasar Dasar Otomotif (KDDO) 2019 yang menjadi ajang pelatihan edukasi otomotif, pada Minggu (5/5) di Teater B ITS.

Pada acara tahunan ini, peserta diberikan berbagai macam materi. Diantaranya adalah pengenalan dasar konstruksi, prinsip kerja motor bakar, sistem pemasukan bahan bakar, injeksi dan kelistrikan, serta penyetelan dan perawatan kendaraan. Peru dicatat pula, bahwa kursus dasar yang diberikan tidak hanya melulu soal motor saja. Di acara tersebut, peserta yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum itu juga akan mendapat kursus dasar perawatan untuk mobil.

Menurut ketua pelaksana KDDO 2019, Asca Nurrana Putra, pelatihan yang diberikan kali ini memang dikhususkan untuk berbagi ilmu soal perawatan dan penyetelan kendaraan. “Jadi, peserta dapat menangani hal-hal yang biasanya terjadi pada kendaraan, tanpa harus membawa kendaraan ke bengkel khusus,” terangnya.

Mekanik LBMM ITS memberikan pelatihan perawatan motor bagi pesertaKDDO 2019

Asca pun berharap, ke depannya wawasan otomotif peserta mampu meningkat dengan mengikuti KDDO 2019 ini. Terutama hal-hal ringan untuk perawatan kendaraan. Ke depannya, mahasiswa tahun kedua itu memiliki target agar KDDO selanjutnya semakin diramaikan oleh masyarakat luas. “Semoga tidak terbatas mahasiswa ITS saja yang berpartisispasi, terlebih saat ini masih cenderung diramaikan oleh mahasiswa Departemen Teknik Mesin ITS,” ujar mahasiswa Teknik Kimia ini.

Terkait pemateri dan mentornya, peserta tidak perlu risau. Meskipun pemateri masih berstatus mahasiswa, nyatanya kemampuan mekanik muda ini sudah cukup handal. Para mekanik yang tergabung dalam LBMM ini memiliki kecakapan yang baik dan lihai dalam memberikan materi di hadapan peserta. “Saya pastikan, meskipun masih mahasiswa, mekanik-mekanik ini sudah ahli dan dapat dipercaya menangani pelatihan ini,” sambungnya dengan bangga.

Di samping itu, KDDO kali ini juga dilengkapi dengan layanan servis motor gratis. Dengan menggandeng Mitra Pinsathika Mustika (MPM) Motor dan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), panitia menyediakan servis gratis bagi peserta KDDO 2019, khususnya yang memiliki motor pabrikan Honda. “Servisnya itu 100 persen gratis dan juga diberikan tambahan diskon 50 persen untuk pembelian olinya,” pungkas Asca. (dik/mir)

Berita Terkait