ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
03 Juli 2019, 10:07

Manajemen Bisnis ITS Yakin Dapat Akreditasi Terbaik dari BAN-PT

Oleh : itssof | | Source : -

Kepala Departemen Manajemen Bisnis ITS, Imam Baihaqi MSc PhD ketika memberikan penjelasan ke wartawan mengenai akreditasi oleh BAN-PT

Kampus ITS, ITS News – Sehubungan berakhirnya masa akreditasinya tahun ini, Program Studi (prodi) Sarjana (S1) Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengajukan permohonan untuk memperpanjang akreditasi pada Desember 2018 lalu. Hingga akhirnya Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pun mengirimkan dua orang untuk melakukan penilaian selama dua hari sejak Rabu 26 Juni 2019 lalu.

Sebelum memulai penilaiannya, Drs John Suprihanto MM PhD dan Wiwiek Rabiatul Adawiyah BAcc MSc PhD yang masing-masing berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Jendral Soederman (Unsoed) terlebih dahulu menemui Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng di Gedung Rektorat ITS.

Sesampainya di Departemen Manajemen Bisnis, mereka langsung disambut hangat oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan. Di dalam Ruang Sidang Manajemen Bisnis, Kepala Departemen Manajemen Bisnis ITS, Imam Baihaqi MSc PhD bersama seluruh dosen memberikan berbagai informasi mengenai kondisi dan fakta yang ada seputar departemen yang berada di Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi (FBMT) ini.

Selain berbagai program yang telah dijalankan, kegiatan kemahasiswaan di departemen tersebut juga turut dijelaskan oleh beberapa perwakilan mahasiswa kepada penilai. Selanjutnya, Baihaqi juga menyebutkan bahwa sudah terdapat banyak perguruan tinggi dunia yang bekerja sama dengan Manajemen Bisnis ini.

Salah satu Dosen Manajemen Bisnis ITS ketika memberikan penjelasan kepada penilai

Di sesi wawancara bersama ITS Online, Baihaqi menjelaskan, akreditasi dari BAN-PT ini merupakan akreditasi yang sangat penting dan diwajibkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenistekdikti). “Jika tidak punya akreditasi, maka kita tidak bisa meluluskan mahasiswa kita,” ungkapnya dengan tegas.

Adapun masa berlaku dari akreditasi BAN-PT ini selama lima tahun. Selanjutnya, Baihaqi menceritakan, pada lima tahun yang lalu, manajemen bisnis pernah mendapat nilai akreditasi B dari BAN-PT. Sebab, menurutnya pada waktu itu, Departemen Manajemen Bisnis ini memang baru saja berdiri dan belum memiliki lulusan. “Sedangkan salah satu yang dinilai adalah kualitas dari lulusannya,” terangnya.

Berdasarkan banyak evaluasi dari beberapa indikator penilaian itu, Baihaqi yakin jika pada akreditasi ulang kali ini prodi S1 Manajemen Bisnis ITS bisa mendapatkan nilai yang terbaik dari BAN-PT yaitu A. “Pasalnya, sudah banyak sekali yang dipersiapkan mulai para dosen dan tenaga kependidikan, alumni, mahasiswa, dan masih banyak lagi,” bebernya kepada ITS Online. (sof/owi)

Foto Para Dosen Manajemen Bisnis ITS yang terlihat di salah satu sudut departemen

Berita Terkait