ITS News

Sabtu, 20 Juli 2024
15 Agustus 2019, 12:08

ITS Sinergikan Riset Bidang Sains dan Teknologi di Asia

Oleh : itsowi | | Source : -

ITS dan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) saat melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU)

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali meningkatkan kerja sama skala Internasional. Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan riset di bidang sains dan teknologi di lingkungan kampus ITS. Guna meningkatkan riset berskala International, ITS sepakat perkuat kerja sama riset dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Kerja sama ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Agreement (MoA) di acara SCIEMATHIC 2019 di Melaka, Malaysia, Rabu (14/8).

SCIEMATHIC 2019 merupakan 5th International Conference on the Application of Science and mathematics yang diadakan oleh UTHM sebagai tuan rumah yang diorganisir oleh Fakulti Sains Gunaan dan Teknologi (FAST) UTHM bekerja sama dengan ITS dan Universitas Ahmad Dahlan serta Universitas Jember. Tahun ini, SCIEMATHIC 2019 dihelat dengan tema Synergy through collaboration in Science and Mathematics & MoA signing ceremony yang dihadiri oleh lebih dari 200 akademisi dan mahasiswa.

Dosen Departemen Kimia, Fakultas Sains ITS, Sri Fatmawati PhD, didaulat untuk menjadi pembicara utama untuk konferensi ini. Selain Fatmawati, ada pula dua pembicara lain yaitu Prof Dr Edy Tri Baskoro dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Dato’ Dr Mohd Sofi Osman dari UTHM.

Dosen Departemen Kimia, Fakultas Sains ITS, Sri Fatmawati PhD yang menjadi pembicara utama di SCIEMATHIC 2019

Pada akhir sesi diskusi ilmiah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman. Penandatanganan ini dilakukan antara ITS oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dengan UTHM oleh Vice-Chancellor UTHM Prof Ts Dr Wahid bin Razzaly. Selain itu, UTHM juga melakukan penandatanganan MoA dengan ITB dan industri di Malaysia yaitu General Manager MIMOS dan Direktur Eksekutif Sigtech.

Rektor ITS dan Vice-Chancellor UTHM mendukung kerjasama ini. Keduanya sepakat bahwa kerja sama ini tidak hanya berupa join seminar International, namun dapat dilanjutkan dengan kolaborasi riset baik di bidang sains maupun teknologi. Selain itu, kerja sama nantinya juga diperkuat bersama industri-industri nasional baik di Indonesia, Malaysia, juga negara-negara lain. (owi)

Rektor ITS bersama petinggi dari universitas lainnya di SCIEMATHIC 2019, Malaysia

Berita Terkait