ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
05 Oktober 2019, 03:10

Zainura Bagikan Kiat Menjadi Reviewer Paper

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Adhi Yuniarto ST MT PhD (kanan) dan Prof Ts Dr Zainura Zainoon Noor (kiri) dalam sesi dokumentasi pemberian cinderamata acara R2SEP

Kampus ITS, ITS News – Untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang review jurnal paper, serta pentingnya kemampuan menulis bagi mahasiswa ITS dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan,  International Office (IO) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar Researcher & Reasearch Student Enrichment Program (R2SEP). Bertempat di ruang sidang Departemen Teknik Lingkungan ITS, acara ini langsung mendapuk Prof Ts Zainura Zainon Noor dari Universiti Teknologi Malaysia sebagai narasumber, Kamis (3/10).

Membuka dialog, Zainura mengatakan bahwa keterampilan publikasi itu sangat penting. Jika mungkin selama ini mahasiswa dibiasakan dengan teknik publikasi di dalam artikel saja, maka dari itu  ia ingin lebih memperkenalkan tentang teknik publikasi yang bersifat review. Selain jarang tersorot, baginya, teknik publikasi yang bersifat review juga diperlukan untuk bekal pembuatan thesis.

Wanita yang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam bidang menulis jurnal ini menjelaskan bahwa ada tiga tipe Paper Jurnal, diantaranya Original Reaserch Papers, Review Articles, dan Short Communication. Pada Review Articles, ia menitik beratkan pada kritik yang dibangun dari analisis dari sumber literatur, yang nantinya dijabarkan melalui ringkasan, klasifikasi, dan analisis perbandingan.

Ketika ditanya Review Articles ini ditujukan untuk siapa, Zainura mengatakan bahwa spesifiknya, hal ini ditujukan untuk lingkungan peneliti. Review Articles juga dapat dilakukan dengan tujuan membangun reputasi sub bidang yang digeluti. “Selain itu juga bagian dari Review Articles dapat digunakan sebagai bahan dari pembuatan thesis,” tuturnya.

Ada berbagai macam pendekatan dalam penulisan Review Articles, diantaranya pendekatan metodologi, objektif, dan lainnya. Pada pendekatan berbasis metodologi, penulisan dapat dibagi dalam narrative review, best evidence review, dan systematic review. “Review Articles sendiri biasanya terdiri dari 8000 hingga 40.000 kata,” ujarnya.

Di akhir penjelasannya, Zainura menjabarkan bahwa kunci untuk membuat Review Articles selain judul yang menarik, adalah dengan sering-sering latihan dan mengikuti seminar. “Jika peneliti tidak mempublikasikan karyanya lewat jurnal, maka hal itu tidak berarti apa-apa,” pungkasnya memberi semangat untuk mahasiswa ITS. (ion8/id)

Berita Terkait