ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
13 Oktober 2019, 22:10

Tujuh Tim Bersaing dalam Voting Paper OCEANO 2019

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Para pengunjung melakukan voting poster milik tim pilihan mereka dengan menggunakan laptop yang telah disediakan

Kampus ITS, ITS News – Memasuki babak final, Voting Poster kembali digelar pada ajang Paper Competition Ocean Engineering Exhibition and Competition (OCEANO) 2019. Diikuti  tujuh tim dari berbagai perguruan tinggi nasional, kegiatan ini digelar untuk menentukan pemenang kategori outstanding idea, Jumat (11/10).

Ahmad Haidar Adaalah, staf ahli teknis kegiatan OCEANO 2019 menuturkan, tujuh tim itu terdiri dari tiga tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dua tim Institut Teknologi Bandung (ITB), satu tim Institut Pertanian Bogor (IPB), dan satu tim Universitas Diponegoro (Undip). “Di babak final ini, mereka harus memperebutkan 50 persen penilaian juri dan 50 persen hasil pilihan pengunjung,” ujarnya. 

Dalam kegiatan yang bertempat di Pasar Jumat ITS ini, setiap tim berkesempatan mengenalkan idenya. Dengan memberi penjelasan melalui poster, setiap tim dituntut untuk bisa menarik perhatian pengunjung. “ Mereka harus berusaha agar pengunjung mau memilih karyanya menggunakan laptop yang disediakan di meja pameran,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Haidar itu. 

Potret para pengunjung di pameran poster dalam Final Paper Competition OCEANO 2019

Dijelaskan lebih lanjut, dalam kompetisi yang diadakan Departemen Teknik Kelautan ITS ini, hadir banyak inovasi menarik dan tidak terpikirkan sebelumnya. Seperti solusi Tol Ba-lok untuk mengatasi permasalahan lalu lintas pelayaran Selat Lombok, serta penelitian inovatif instrumen pembersih limbah dasar tambak udang. “Secara tidak langsung inovasi yang mereka turut menambah wawasan panitia,” tambah Haidar. 

Melalui kompetisi bertema Sustainable Future Through Maritime Sector ini, Haidar berharap inovasi setiap tim dapat dikembangkan dan dilaksanakan dengan baik. “Tak hanya itu, diharapkan inovasi-inovasi tersebut bisa bermanfaat untuk memajukan Indonesia,” pungkasnya. (ion6/hen)

Berita Terkait