ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
02 November 2019, 23:11

ITS-PLNE Tingkatkan Pengalaman Praktik Dosen dan Mahasiswa

Oleh : itssof | | Source : ITS Online

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng bersama PLT Direktur Utama, Hernadi Buhron beserta seluruh jajarannya setelah diskusi antar pihak dilaksanakan

Kampus ITS, ITS News – Demi meningkatkan kerja sama antar institusi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama PT Prima Layanan Nasional Enjiniring (PLNE) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). MoU ini dilaksanakan guna membantu beberapa kebutuhan perusahaan lewat mahasiswa dan dosen ITS, Selasa (29/10) lalu.

Bertempat di Ruang Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menjelaskan bahwa kelanjutan kerja sama ini nantinya dapat menguntungkan bagi mahasiswa dan dosen ITS. Hal itu bisa terjadi karena pihak mahasiswa dan dosen ITS bisa mendapatkan pengalaman tentang penerapan ilmu di kampus pada kondisi yang sebenarnya dengan membantu PT PLNE dalam melaksanakan beberapa proyeknya.

Orang nomor satu di ITS tersebut membagikan kisahnya, bahwa menurutnya, sebagian besar ilmu yang dipelajari di kuliah hanya secara teori saja. Padahal tidak jarang terjadi ketidaksesuaian pada berbagai hal antara ilmu yang dipelajari di kampus dengan kondisi yang sebenarnya dalam perusahaan.

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (kanan) dan PLT Direktur Utama, Hernadi Buhron (kiri) ketika menantadangani Memorandum of Understanding

ITS sendiri telah memiliki banyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam bidang engineering. Sehingga hal tersebut juga sejalan dengan proyek yang dijalankan oleh PT PLNE yang merupakan anak perusahaan dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). PT PLNE saat ini juga ikut andil dalam menggarap proyek 35.000 Mega Watt (MW) dari pemerintah.

Guru Besar Departemen Teknik Elektro tersebut juga menjelaskan bahwa ke depannya, SDM dari ITS dapat menyumbangkan kompetensinya dalam hal desain, analisis, supervisi, ataupun lainnya. “Sehingga ketika PT PLNE bekerja sama dengan ITS, pelanggan mereka juga akan semakin puas,” turunya.

Atas MoU yang telah disepakati oleh ITS dengan PT PLNE yang diwakili oleh Hernadi Buhron, Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Utamanya, Ashari berharap agar kerja sama ini bisa direalisasikan dengan cepat. “Sehingga baik mahasiswa ataupun dosen ITS juga bisa segera mendapatkan manfaatnya,” pungkasnya. (sof/id)

Suasana diskusi membahas kerja sama ITS dengan PT PLNE di Ruang Rektor ITS

Berita Terkait