ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
04 November 2019, 01:11

Guyub KM ITS Tingkatkan Peran dan Harmonisasi Ormawa

Oleh : itssep | | Source : ITS Online

ITS Jazz Meriahkan Acara Guyub KM ITS di Taman Alumni, Sabtu (2/11)

Kampus ITS, ITS News – Melihat perlu adanya kegiatan untuk menyatukan kembali Keluarga Mahasiswa (KM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Kementerian Dalam Negeri Badan Eksekutif Mahasiswa ITS (BEM ITS) mengadakan acara Guyub KM ITS. Berlangsung di Taman Alumni ITS, acara ini membawa misi besar pada KM ITS, Sabtu (2/11).

Iqbal D. Rachmadhana, Ketua Pelaksana Guyub KM ITS, memaparkan bahwa Guyub KM ITS sendiri merupakan acara yang membawa dua tujuan besar. Pertama adalah memberikan wawasan mengenai KM ITS serta peran masing-masing mahasiswa sebagai anggota KM ITS. “Selama ini mahasiswa ITS lebih sibuk di himpunan masing-masing. Dari sinilah kita bangkitkan semangat mereka lewat wawasan KM ITS ini,” jelasnya.

Tujuan kedua dari acara ini adalah melakukan harmonisasi pada setiap elemen yang ada di KM ITS. Menurut Iqbal, harmonisasi ini dilakukan agar mahasiswa dapat berperan sesuai bidangnya untuk KM ITS. “Jadi kami berharap bahwa Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tiap departemen mengerti fungsi masing-masing untuk kemudian saling berkontribusi lebih bagi KM ITS,” tambahnya mahasiswa angkatan 2017 ini.

Adapun acara Guyub KM ITS ini terdiri dari narasi besar yang menjelaskan mengenai wawasan KM ITS, penampilan dari masing-masing BEM Fakultas di ITS, penampilan masing-masing himpunan, serta pemberian penghargaan untuk masing-masing ormawa. “Guyub KM ITS ini juga berkolaborasi dengan Pammits (Pasar Malam Minggu ITS, red) 2019 serta mengundang ITS Jazz untuk menghibur mahasiswa yang datang,” terang mahasiswa Departemen Fisika ITS ini.

Iqbal menambahkan bahwa kelanjutan dari acara Guyub KM ITS ini nantinya akan ada kunjungan dari BEM ITS ke ormawa eksekutif di bawah BEM ITS. Hal ini dilakukan untuk melakukan monitoring dan diskusi mengenai kesesuaian perannya bagi KM ITS. “Kita juga terus melakukan upaya pencerdasan mengenai Musyawarah Besar (Mubes) V kepada mahasiswa ITS melalui ormawa yang ada,” tutur Iqbal.

Pria asal Palangkaraya ini berharap agar acara Guyub KM ITS ke depannya dapat dilaksanakan rutin tiap tahun. Ia juga berharap Guyub KM ITS ke depannya dapat lebih dipersiapkan sebaik mungkin, mulai dari konsep acara, latar belakang, hingga teknis acara. “Guyub KM ITS ini sendiri membawa misi yang sangat berat, jadi harus dipersiapkan sebaik mungkin agar pesannya tersampaikan,” tutupnya. (sep/id)

BEM ITS ketika memberikan penghargaan kepada Himatektro sebagai pemilik Departemen Dalam Negeri terbaik

Berita Terkait