ITS News

Sabtu, 28 September 2024
04 November 2019, 16:11

Latih Jiwa Kompetitif Lewat Maba Cup

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Sambutan Ketua Pelaksana Maba Cup 2019 oleh Adhimas Nurul

Kampus ITS, ITS News – Kompetisi tahunan antar mahasiswa baru, Maba Cup Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali digelar. Ajang yang resmi dibuka pada Jumat (1/11) ini menantang mahasiswa angkatan 2019 untuk unjuk minat dan bakat pada beberapa jenis perlombaan.

Ketua Pelaksana Maba Cup, Adhimas Nurul menuturkan, kompetisi yang di buka di Plaza Dr Angka ini dilaksanakan sesuai instruksi dari Direktorat Kemahasiswaan ITS. Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan Maba Cup yang diselenggarakan oleh Lembaga Minat Bakat (LMB) ITS. “Tujuannya untuk menanamkan nilai kesatuan dan persatuan antar maba agar tidak terkotak-kotak, ” imbuhnya.

Senada dengan hal itu, Ketua LMB Renda Gusti Fatchul Baary menjelaskan, Maba Cup juga sebagai lapangan pemanasan bagi mahasiswa 2019 yang akan menginguti kompetisi lain di tingkat institut. Tambahnya, kompetisi ini layaknya pelebur seluruh elemen mahasiswa baru dari berbagai departemen. “Acara ini juga sebagai bentuk implementasi dari pengembangan sumber daya mahasiswa yang lengkap dari segala bidang aspek,” ujarnya.

Sambutan oleh Ketua Lembaga Minat Bakat (LMB) Rendagusti Fatchul Baary

Disampaikan lebih lanjut, Maba Cup terbagi dalam beberapa jenis lomba. Diantaranya, puisi, monolog, fotografi, badminton, tari kontemporer, akustik, business plan, basket, tenis lapangan, videografi dan esai. “Mahasiswa baru bebas memilih jenis lomba apa yang ingin mereka ikuti,” terangnya.

Dibalik keseruannya, Maba Cup merupakan bagian dari serangkaian Kaderisasi Sepuluh Nopember atau Kaderisasi Terpusat. Dalam kaderisasi ini, mahasiswa dapat memperdalam keilmiahan melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI), memperoleh kebebasan mengembangkan minat bakat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Sedangkan yang ingin berkecimpung di dunia bisnis dapat menggali ilmu lewat Latihan Keterampilan Mahasiswa Wirausaha (LKMW). “Bisa dibilang, Maba Cup sebagai wadah implementasi dari kaderisasi terpusat,” pungkasnya. (zar/hen)

Berita Terkait