ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
21 November 2019, 01:11

Sutopo Kristanto Terpilih Menjadi Ketua IKA ITS 2019

Oleh : itschi | | Source : ITS Online

Dari kiri: Gatot Kustyadji, Ridwan Hisjam (ketua senat terpiih periode 2019-2023), Dwi Sutjipto (ketua IKA ITS periode 2015-2019), Sutopo Kristanto (ketua IKA ITS periode 2019-2023), Novirwan S Said, dan M Rifqi Isnanda.

Kampus ITS, ITS News – Ir Sutopo Kristanto MM dinyatakan terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) periode 2019-2023. Pria kelahiran Tulungagung tersebut berhasil menyisihkan lima kandidat lain melalui musyawarah mufakat Kongres IKA ITS. 

Sekretaris Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua Umum (P3KU) Pengurus Pusat IKA ITS, Suwardi ST Msi menuturkan, pemilihan Ketua IKA ITS secara musyawarah ini telah diatur dalam Surat Keputusan Kongres. Dalam prosesnya, kelima calon akan bermusyawarah hingga mencapai kata mufakat. Sedangkan, jika tidak terdapat kata mufakat, akan digelar voting oleh seluruh anggota kongres. “Karena musyawarah pemilihan IKA ITS malam ini berjalan lancar, tidak perlu dilakukan voting kembali,” ujar alumnus Teknik Sistem Perkapalan itu.

Berturut-turut, kelima calon yang berhasil menjadi kandidat ketua ialah Ir Sutopo Kristanto MM alumnus Teknik Sipil, Gatot Kustyaji Dr Ir SE Msi alumnus Teknik Kimia, M Rifqi Isnanda alumnus Teknik Mesin, Ir H M Ridwan Hisjam alumnus Teknik Perkapalan, dan Ir H Novirwan S Said alumnus Teknik Sistem Perkapalan. “Kelima calon tersebut merupakan kandidat terbaik mengingat sepak terjangnya dalam IKA ITS selama ini,” terang Suwardi. 

Dengan calon kandidat yang berasal dari berbagai departemen, Suwardi mengingatkan agar setiap perbedaan dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga nantinya akan terus kompak dalam proses memimpin dan saling memberi dukungan yang positif. “Walau datang dari beragam tempat, tetap harus bisa menjalankan amanah dengan baik,” lanjut Suwardi. 

Tak lupa ia pun mengingatkan, tugas dan wewenang yang harus diemban oleh ketua yang baru tidak hanya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam IKA ITS, melainkan juga menjalankan pembinaan alumni dan pembinaan wilayah. “Tak hanya itu, Ketua IKA ITS juga berfungsi sebagai wadah komunikasi para alumni,” tambah Suwardi. Setelah kegiatan ini nantinya Sutopo sebagai Ketua IKA ITS periode 2019-2023, berwenang untuk menyusun kepengurusan yang baru.

Diketahui lebih lanjut, Sutopo sapaan akrabnya, akan mengusung beberapa hal yang telah ditawarkan dalam penyampaian visi misi serta program kerjanya. Diantaranya adalah skalabilitas dana abadi, program akselerasi KTA-ITS, penyediaan ruang kolaborasi alumni (Co-Working Place) dan inkubasi perusahaan rintisan (Start-up) alumni. Kemudian, pendirian pusat pemenangan (Center of Championship) alumni, temu seni budaya IKA ITS, Forum Group Discussion (FGD) Ibu Kota serta pembangunan karakter bangsa. 

Musyawarah yang berlangsung selama 30 menit tersebut tidak hanya memilih penerus tonggak kepemimpinan Dwi Soetjipto, melainkan juga menetapkan Ir H M Ridwan Hisjam sebagai Ketua Senat IKA ITS 2019. (chi/hen) 

Berita Terkait