ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
27 November 2019, 15:11

Tunjukkan Kebolehannya, Tim Taekwondo ITS Raih 14 Medali

Oleh : | | Source : ITS Online

Tim Taekwondo ITS peroleh medali dalam kejuaraan KONI Surabaya 2019

Kampus ITS, ITS NewsPrestasi membanggakan kembali diraih tim taekwondo Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dalam Kejuaran Taekwondo Piala Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya 2019 yang dihelat selama tiga hari sejak Jumat (15/11) di GOR Hayam Wuruk Makodam V Brawijaya, tim taekwondo dapat membawa pulang sembilan medali emas serta lima medali perak.

Pada kejuaraan kali ini, tim taekwondo menerjunkan empat belas atlet. Tiga di antaranya berlaga di kategori senior kelas prestasi, dan sisanya berada di kategori senior kelas pemula kelompok umur 18 tahun ke atas. Pembina atlet Taekwondo, Ananta Surya, menyebutkan, kualitas perwakilan tim taekwondo ITS tak bisa diragukan. “Terbukti, seluruh atlet yang diturunkan mampu membawa masing-masing satu medali,” ungkap pria yang akrab disapa Ananta.

Ananta menjelaskan, dari kategori kelas prestasi, tiga atlet unggulan taekwondo berhasil menyabet medali emas. Adalah Nicodema Jermaine, Fikri Nurhidayat, dan Nafisatus Sania yang berhasil mengharumkan nama almamater dengan mendapatkan emas. 

Sedangkan untuk kelas pemula, Ananta melanjutkan, medali emas diperoleh oleh Naufaldy Fiqrulhaq dari Departemen Fisika. Selain itu, masih ada enam medali emas lagi yang disumbangkan oleh tim Taekwondo ITS. “Bernadet,Vania Cikanindi, dan tiga atlet lainnya juga berhasil memboyong medali perak untuk kategori pemula,” terangnya.

Ananta melanjutkan, prestasi ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Ini juga sebagai bukti bahwa tim Taekwondo ITS merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terus berprestasi dan menunjukkan taringnya di kancah nasional. “Meskipun terkendala kesibukan kuliah dan jam latihan sebentar, para atlet menunjukkan sikap disiplin dan percaya diri yang bagus,” jelasnya.

Menurut Ananta, meskipun beberapa atlet yang diterjunkan masih pemula, berkat semangat yang dimiliki, atlet dari ITS masih unggul dibandingkan tim lawan. “Semakin mereka banyak berlatih untuk simulasi pertandingan, kemampuan mereka untuk membaca kondisi semakin terasah,” imbuhnya.

Melihat perkembangan yang cukup pesat dalam prestasi, Ananta berharap UKM Taekwondo mampu memaksimalkan sumber daya yang ada dan mampu bertanding di kancah internasional. “Kami berharap pencapaian kami bukan hanya di tingkat lokal sini saja. Jika memungkinkan, akhir tahun ini tim Taekwondo ITS akan ikut di kejurprov juga,” pungkasnya. (dya/qin)

Berita Terkait