ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
28 Desember 2019, 12:12

Pentingnya Website untuk Departemen dan Fakultas di ITS

Oleh : itssin | | Source : ITS Online

Foto Bersama Workshop Update Website Departemen dan Fakultas di Lingkungan ITS

Kampus ITS, ITS News – Website merupakan suatu instrumen penting sebagai media komunikasi dan informasi untuk memperkenalkan perguruan tinggi kepada masyarakat. Hal tersebut menjadi perhatian penting dalam workshop Update Website Fakultas dan Departemen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Acara tersebut diselenggarakan di Hotel Swiss Belinn Surabaya hingga Kamis (19/12).

Nurina Azyyati Riski selaku Humas ITS menjelaskan, website berperan penting sebagai gerbang utama bagi masyarakat untuk mengetahui informasi mengenai ITS. Masyarakat disini dapat diartikan sebagai calon mahasiswa, calon dosen, dan stakeholder yang ingin menjadi bagian dari ITS. “Dengan adanya website, laju informasi yang dapat dengan mudah dan cepat disalurkan ke masyarakat” jelas wanita yang akrab disapa Azza ini.

Selain itu, website juga menjadi alat untuk branding perguruan tinggi. Agar dapat menjalin kerjasama dengan stakeholder yang bagus, perguruan tinggi harus gencar mempromosikan fakultas dan departemennya. “Contohnya, torehan-torehan prestasi yang dipaparkan di website dapat menjadi keunggulan ITS untuk menarik stakeholder,” ujar Alumni Teknik Lingkungan ITS ini.

Azza melanjutkan, untuk memaksimalkan promosi ITS melalui website, Tim Website ITS selalu meningkatkan update website. Sebagian besar update tersebut berfokus pada pembaruan konten, aktivitas mahasiswa, akreditasi dan fasilitas di setiap departemen, pemberitaan prestasi mahasiswa melalui ITS News, serta informasi program studi baru. “saat ini pun website sedang gencar mempromosikan program sarjana nasional atau yang dikenal dengan International Undergraduated Program (IUP),” terangnya.

Ketua Tim Website ITS, Nurus Idzi Lutvi Putri juga menambahkan, website berpengaruh besar terhadap pemeringkatan perguruan tinggi. Salah satu kriteria perguruan tinggi yang baik adalah memiliki website resmi yang informatif dan update. “Penilaian terhadap website tidak hanya pada kecepatan aksesnya, tapi juga seberapa sering perguruan tinggi itu mengupdate websitenya.” ungkap mahasiswi angkatan  2017 ini.

Salah satu bentuk pemeringkatan perguruan tinggi yakni pemeringkatan menggunakan sistem webometrics. Webometrics adalah sistem untuk menilai peringkat perguruan tinggi melalui website perguruan tinggi tersebut. “Berdasarkan webometrics 2019, ITS menduduki peringkat ke 7 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” ungkap mahasiswi asal Situbondo ini.

Mahasiswi Departemen Desain Produk ini berharap, website yang dikelola sendiri oleh mahasiswa ITS ini bisa terus berkembang dan selalu menyajikan informasi yang update. ”Kedepannya semoga website ITS bisa tetap meningkatkan reputasi ITS baik nasional maupun internasional,” pungkasnya. (sin/qin)

Berita Terkait