ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
01 Januari 2020, 13:01

Kaleidoskop ITS 2019: Rangkaian Kolaborasi ITS

Oleh : itstri | | Source : ITS Online

Kampus ITS, ITS News – Lembar baru 2020 telah dibuka, menutup perjalanan 2019 yang dipenuhi peristiwa. Dalam satu tahun ke belakang, gaung Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kian menggema dalam berbagai bidang. Tak hanya lekat dengan prestasinya yang gemilang, ITS juga andil dalam kerja sama nasional maupun internasional. Berikut kami rangkum rangkaian kolaborasi ITS dalam Kaleidoskop ITS 2019.

1. Kolaborasi ITS – ITB untuk Kembangkan Potensi Maritim Indonesia

Mengawali tahun 2019, ITS memulai kerja sama dengan rekan sejawatnya, Institut Teknologi Bandung (ITB). Kolaborasi ini ditandai dengan perhelatan seminar dalam rangka memperingati peringatan 100 Tahun Perguruan Tinggi Teknik di Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, Rektor ITS periode 2014-2019, Prof Ir Joni Hermana MscES PhD serta Rektor ITB, Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA menyepakati potensi maritim Indonesia mampu dikembangan dengan inovasi dan kolaborasi dari akademisi lintas dispilin terkait. Potensi tersebut diupayakan dengan pengembangan pariwisata ataupun inovasi energi untuk mengembangkan kawasan pesisir. Dimana upaya tersebut dapat memberikan kontribusi terbaik dalam membangun Indonesia.

2. Tingkatkan Riset dan Prestasi, ITS Gandeng Perusahaan Elektronik Asal Jerman

Sebagai perguruan tinggi yang unggul di bidang elektronika dan robotika, ITS menjalin kerja sama dengan perusahaan Infineon Technologies Asia Pacific Pte-Ltd. Berdasarkan nota kesepahaman antara dua belah pihak, perusahaan yang bergerak di bidang elektronika tersebut akan berkoordinasi dengan ITS melalui proyek penelitian yang membutuhkan produk elektronik. Dimana produk elektronik yang akan difasilitasi perusahaan tersebut seperti high power electric, micro controller, wireless control system, dan sebagainya. Rektor ITS saat ini, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng berharap dengan penawaran kerja sama ini, para dosen dan mahasiswa dapat terbantu dalam penyelesaian risetnya. Selain itu, kerja sama ini mampu membuka peluang lebih besar bagi ITS melalui tim robotikanya dalam berinovasi serta menyumbangka prestasi untuk Indonesia kedepannya.

3. Perluas Mitra, ITS Jalin Kerjasama dengan Universitas di Taiwan

Kerja sama antara ITS dengan National Dong Hwa University (NDHU) Taiwan ini akan diarahkan dalam bidang riset dan akademik. Untuk tahap awal, kerja sama dalam bidang akademik akan diarahkan kepada student exchange dan kelas internasional. Program ini memungkinkan mahasiswa ITS dari kelas internasional untuk menjalani perkuliahan di NDHU setelah semester empat. Dalam bidang riset, kerja sama yang diinisiasi oleh Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Kebumian (FTSLK)  ITS ini membahas mengenai lingkungan dan kebencanaan. Menindaklanjuti program ini, setiap tahunnya ITS akan mengirimkan empat mahasiswa untuk menjalani pertukaran mahasiswa dengan NDHU.

4. ITS Kerjasama Internasional Kembangkan Clean Energy dan Clean City di Surabaya

Pada bulan Agustus lalu, berlangsung program Engineering Collages Partnership Forum in Asia (ECPFA) 2019. Program ini melibatkan tiga institusi pendidikan, yakni ITS, Kobe University Jepang, serta National Cheng Kung University Taiwan. Bertemakan Clean Energy dan Clean City, ECPFA 2019 mengajak pesertanya untuk berinovasi mengupayakan Kota Surabaya menjadi kota yang bersih dan indah. Untuk mengetahui kondisi terkini Kota Surabaya, peserta berkunjung langsung ke Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo untuk melihat proses pengelolaan sampah terpadu serta pemanfaatan sebagai sumber energi listrik terbarukan. Program besutan ITS International Office ini diharapkan akan lebih membuka, memperkuat, dan meningkatkan hubungan antara ITS dengan universitas peserta dalam konsorsium. Serta, memberikan pengaruh positif bagi perkembangan Kota Surabaya.

5. Gencarkan Industri Maritim Indonesia, ITS Ajak Kerjasama Perusahaan Australia

ITS sebagai kampus yang lekat akan bidang kemaritiman memiliki tujuan membantu perkembangan industri maritim di Indonesia. Atas hal ini, ITS bekerja sama dengan PT CBC Indonesia yang berkonsentrasi di bidang manufaktur perkapalan. Kerja sama ini berguna untuk membidik mahasiswa ITS untuk direkrut sebagai tenaga kerja perusahaan tersebut. Nantinya, akan diselenggarakan program magang bagi mahasiswa ITS. Harapannya, pihak perusahaan akan mendapatkan tenaga kerja yang tepat dari lulusan berbagai departemen di ITS, tak hanya departemen yang berkaitan dengan kemaritiman. Sehingga, PT CBC Indonesia yang telah merebak di berbagai wilayah tanah air ini akan berkembang pesat dan dikendalikan penuh oleh orang-orang Indonesia termauk lulusan dari ITS.

6. Jalin Kerja Sama, ITS dan SIT Diskusikan Permasalahan di Surabaya

Melalui program Global Project Based Learning (GPBL) 2019, ITS bersama Shibaura Institute of Technology (SIT) Jepang mencari solusi permasalahan yang ada di kota Surabaya. Kerja sama ini mampu menjawab permasalahan yang ada atas perbedaan kultur dan pemikiran dari kedua belah pihak. Permasalahan yang diselesaikan adalah mengenai harga bahan pokok serta penentuan lokasi pasar di wilayah Surabaya yang tepat dan optimal. Kedua permasalahan tersebut dituntaskan bersama dengan Dinas Perdagangan Kota Surabaya. Menindaklanjuti kegiatan ini, ITS juga mengirimkan beberapa mahasiswanya ke kampus SIT untuk menyelesaikan kegiatan serupa.

7. Bangun Pariwisata Indonesia, ITS Diajak Kerja Sama Kemenhub

Dalam rangka mengembangkan sektor kemaritiman di Indonesia, ITS bekerja sama dengan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI). Kemenhub RI melalui Menteri Perhubungan, Ir Budi Karya Sumadi dalam diskusinya dengan pihak ITS memberikan proyek bagi ITS untuk membuat kapal wisata sebanyak dua buah. Kapal tersebut nantinya akan ditempatkan Kemenhub di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Inovasi kapal wisata buatan ITS yang dipaparkan oleh kepala Departemen Teknik Perkapalan ITS, Ir Wasis Dwi Aryawan MSc PhD dilengkapi dengan model Glass Bottom Boat yang menyajikan pemandangan alam bawah laut.

8. ITS Dirangkul Belanda Kembangkan Pendidikan Vokasi Kemaritiman

ITS melalui Departemen Teknik Transportasi Laut bekerja sama dengan Pemerintah Kerajaan Belanda mengenai peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam bidang maritim pada ranah pendidikan vokasi. Dalam bidang manajemen kemaritiman, dibutuhkan pula SDM yang memiliki kualifikasi di jenjang diploma. Untuk itu, kolaborasi Departemen Teknik Transportasi Laut ITS dengan pihak Belanda ini akan dicanangkan dalam pengembangan kurikulum yang akan diimplementasikan oleh Politeknik Pelayaran Surabaya (PPS) dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) sebagai institusi pendidikan vokasi kemaritiman. Dalam hal ini, pihak Belanda juga menggandeng STC International dan CINOP sebagai institusi yang berpengalaman dalam pelatihan maritim dan logistik serta kurikulum di Belanda.

9. Akui Kualitas Mahasiswa ITS, PLN Tawarkan Beasiswa Ikatan Dinas

PLN meletakkan kepercayaannya pada kemampuan mahasiswa ITS untuk berpartisipasi dalam perusahaannya dengan kesepakatan nota kerja sama antara kedua belah pihak. Kerja sama ini dilakukan dalam hal pemberian beasiswa ikatan dinas. Beasiswa ini nantinya dapat diikuti oleh tiga departemen yang ada di ITS, yakni Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Elektro. Sehingga setelah lulus dari ITS, para penerima beasiswa ikatan dinas akan langsung ditempatkan untuk bekerja di PLN.

10. ITS Siap Dukung Reformasi DPR Menjadi Parlemen Modern

Untuk mewujudkan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menjadi parlemen yang modern, ITS menandatangani nota kesepahaman dengan DPR RI untuk Pengembangan dan Pengelolaan Website Pusat Penelitian dan Pusat Data. Bahasan ini berguna agar aksesibilitas informasi terdapat masyarakat Indonesia dapat terwujud. Berdiri pada persoalan tersebut, ITS memberikan masukan mengenai strategi pengelolaan website DPR RI ke depannya. Salah satunya mengenai perancangan ulang untuk pengembangan website yang bermaksud untuk memudahkan pengunjung dalam memahami informasi secara singkat lewat seni dan tampilan website.

Rangkaian kerja sama di atas merupakan langkah konkrit menuju kemajuan ITS. Afiliasi ITS dengan berbagai pihak diharapkan mampu menggagas upaya solutif bagi kemajuan Indonesia. Semoga, kinerja ITS untuk mengembangkan potensi bangsa terus berlanjut selama tahun 2020.

Salam

Redaksi ITS Online

Berita Terkait