ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
18 Februari 2020, 19:02

Electra 9 Sukses Tarik Minat Siswa SMA di Bidang Elektro

Oleh : itsdil | | Source : ITS ONLINE

Peserta Electra 9 saat serius mengerjakan soal

Kampus ITS, ITS News — Electrical Competition Tour and Rally (Electra) kembali digelar di Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk edisi yang kesembilan. Acara yang dikemas dalam bentuk olimpiade dalam bidang elektro ini mampu menarik minat dan antusiasme para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk ikut berpartisipasi. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada Sabtu (8/2).

Bagas Adi Fathoni, ketua pelaksana Electra 9, menjelaskan bahwa acara tahunan ini merupakan salah satu sub kegiatan dari Events Of Electrical Faculty (Evolty). Evolty sendiri merupakan acara yang digagas oleh mahasiswa dari tiga departemen yakni Departemen Teknik Elektro, Departemen Teknik Komputer, dan Departemen Teknik Biomedik. “Kami bekerja sama untuk mensukseskan acara ini,” ujar mahasiswa yang kerap disapa Bagas ini.

Pada gelaran yang kesembilan, Electra mengangkat tema Involving Young Generation in Technology Advancement. Tema tersebut dipilih karena Electra 9 ingin menemukan bibit-bibit unggul penerus bangsa yang ahli dalam bidang elektro. Tidak hanya terbatas pada hal itu, Electra 9 juga diadakan untuk menarik minat pelajar SMA untuk melanjutkan pendidikannya di ITS terutama di Departemen Teknik Elektro.

Electra 9 terbukti sukses dalam mencapai tujuan utamanya. Hal tersebut dibuktikan dengan pendaftar Electra 9 yang mencapai angka 1950 tim dari pelajar SMA di seluruh Indonesia. “Tentunya ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa karena jumlah tersebut bukanlah angka yang kecil,” imbuh mahasiswa dari Departemen Teknik Elektro ini.

Walaupun dikemas dalam bentuk olimpiade, peserta Electra 9 tidak hanya dituntut mengerjakan soal di balik meja saja. Para peserta juga disuguhkan dengan metode pengerjaan soal secara rally di sejumlah pos yang sudah disediakan serta melakukan kunjungan laboratorium. “Hal ini berguna agar para peserta semakin mengenal lebih dalam dan tertarik dengan departemen ini,” papar mahasiswa angkatan 2017 ini.

Selain itu, untuk lebih menarik antusiasme dan meningkatkan level kompetisi di antara para peserta, pemenang Electra 9 nantinya akan mendapatkan beberapa hadiah menarik. Salah satu diantara hadiah tersebut adalah pemenang berhak mendapat tiket masuk ke Departemen Teknik Elektro ITS. “Tentu itu menjadi sesuatu yang diburu oleh siswa-siswi SMA,” ungkapnya

Lebih lanjut, salah satu peserta Electra 9, Ahmad Naufal juga menilai bahwa gelaran Electra tahun ini berhasil meningkatkan minatnya di bidang elektro setelah mengikuti beberapa rangkaian acara di dalamnya. “Saya semakin tahu lebih dalam dan tertarik dengan elektro,” jelasnya.

Bagas berharap agar penyelenggaraan Electra terus dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya. Tidak hanya itu, konsep-konsep baru yang lebih menarik dan inovatif agar bisa dicetuskan di tahun berikutnya. “Semoga di tahun berikutnya akan ada lebih banyak lagi peserta yang berpartisipasi,” tandasnya. (dil/rur)

Para peserrta bersemangat untuk mengikuti kegiatan Electra 9

Berita Terkait