ITS News

Selasa, 30 Juli 2024
13 Maret 2020, 21:03

Inisiasi Kerja Sama, Dubes Armenia Lakukan Kunjungan Pertama ke ITS

Oleh : itsmis | | Source : www.its.ac.id

Duta Besar Armenia Dziunik Aghajanian (kanan) memberikan cinderamata kepada Rektor ITS Prof Mochamad Ashari

Kampus ITS, ITS News – Menuju World Class University, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) makin memperluas kerja sama dengan mancanegara yang salah satunya berbasis sains dan teknologi. Dalam mencapai tujuan tersebut, ITS menerima kunjungan dari Duta Besar Republik Armenia Dziunik Aghajanian bersama Foundation for Armenian Science and Technology (FAST) di Gedung Rektorat, Jumat (13/3), untuk mendiskusikasn rencana kerja sama.

Armen Orujyan, Founding CEO dari FAST menjelaskan bahwa tujuan utama dari kunjungan delegasi Armenia ini adalah untuk mengetahui kesulitan dan permasalahan yang ada di Indonesia terkait sains dan teknologi. “Setelah itu, kita akan berusaha bersama-sama untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut,” jelas lelaki kelahiran 1974 itu.

Sebagai arsitek dari ekosistem sains, ia menambahkan bahwa dalam ekosistem sains diperlukan tiga hal yaitu riset, edukasi dan komersialisasi. Sebelum diadakan penelitian, sebaiknya perlu adanya edukasi. “Saya melihat di Indonesia ini, dana untuk menjalankan penelitian itu ada sangat banyak sekali, namun jika tidak ada sumber daya manusia yang baik untuk mengelolanya maka akan percuma,” terangnya.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari (kiri) didampingi Duta Besar Armenia Dziunik Aghajanian saat memimpin diskusi di ruang rektor

Ia memaparkan salah satu model Artificial Intelligence (AI) yang mereka kembangkan untuk penemuan obat baru. Beberapa keuntungan dari model ini ialah akan ditemukannya obat-obat baru dengan biaya yang lebih murah dan proses pengembangannya yang lebih singkat. “Salah satu perusahaan yang menggunakan model ini yaitu MODERNA dan mereka sekarang sedang mengembangkan vaksin untuk virus corona,” tuturnya.

Sementara itu, Duta Besar Republik Armenia Dziunik Aghajanian mengungkapkan bahwa bekerja sama dengan ITS akan sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak. Beberapa di antaranya yaitu adanya pertukaran ide yang jelas akan menambah wawasan dari pihak ITS maupun Armenia. “Bekerja sama dengan ITS tentu akan membuat kami memahami lebih dalam tentang daerah ini, sehingga kita bisa tahu cara yang tepat dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada,” ungkapnya.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng melanjutkan bahwa di ITS sendiri telah melakukan banyak sekali penelitian. Beberapa penelitian tersebut juga telah berhasil dikomersilkan. Salah satu hasil penelitian dari ITS yang berhasil dikomersialkan adalah sepeda motor listrik Gesits.

Ashari melanjutkan, ITS sendiri telah memiliki banyak peran dalam bidang sains dan teknologi untuk Indonesia. Dalam skala kecil, ITS turut berperan dalam pengembangan Surabaya Smart City dalam penggunaan informasi teknologi, big data, dan AI. Selain itu, ITS juga melakukan pengabdian masyarakat dengan pengembangan desa pesisir di Pulau Maratua.

Delegasi dari FAST dalam sesi diskusi di Gedung Rektorat ITS

FAST mengaku merasa tertarik setelah melihat begitu banyak kontribusi yang dilakukan oleh ITS terkait bidang sains, teknologi, dan pengabdian masyarakat. “Banyak sekali kolaborasi menarik yang bisa dilakukan oleh ITS dan FAST nantinya. Kita juga bisa melakukan penelitian yang bisa menghasilkan produk yang dikomersialkan,” ungkap Armen Orujyan.

Kunjungan delegasi Armenia dilanjutkan ke Gedung Pusat Robotika ITS yang juga menyajikan pameran mini memperlihatkan karya-karya inovatif sivitas akademika ITS yang telah mendunia. “Karena kita ini memiliki fokusan yang sama serta research center yang sama, kita ingin melanjutkan sesi berbagi di Gedung Robotika ini,” jelas Direktur PT Tekno Sains, Dr Ir I Ketut Gunarta.

Armen Orujyan, Founding CEO dari FAST (kiri) saat meninjau pameran produk inovatif ITS di Gedung Pusat Robotika ITS

Di akhir diskusi, ITS menginisiasikan akan adanya kerja sama serta kolaborasi dengan Armenia. Kerja sama berupa pertukaran mahasiswa atau dosen merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan ITS dengan Armenia. “Kami akan membiayai segala keperluan dari mahasiswa dan dosen dari Armenia yang akan melakukan pertukaran ke Indonesia mulai dari tiket pesawat hingga akomodasinya,” ungkap Direktur Kemitraan Global ITS, Dr Maria Anityasari ST ME. (ri/HUMAS ITS)

Foto bersama jajaran pimpinan ITS dengan delegasi dari FAST dan Duta Besar Armenia

Berita Terkait