ITS News

Sabtu, 28 September 2024
08 Oktober 2020, 08:10

Lakukan Pendampingan, KKNT ITS Bantu Optimalkan PJJ

Oleh : itstri | | Source : ITS Online

Sosialisasi materi penunjang pembelajaran jarak jauh antara mahasiswa ITS dan para guru SDN Sukadamai 3 Bogor.

Bogor, ITS News – Pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi saat ini tak dapat dipungkiri masih menjadi tantangan utama bagi beberapa sekolah, termasuk Sekolah Dasar (SD) Negeri Sukadamai 3, Bogor, Jawa Barat. Guna membantu mengoptimalkan proses pelaksanaannya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) lewat program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) lantas melakukan pendampingan terhadap sekolah tersebut.

Pendampingan yang dilakukan oleh kelompok 12 KKNT ITS tersebut, berfokus kepada tenaga pengajarnya. Sebab dari proses awal yaitu persiapan hingga analisis yang dilakukan sejak Agustus lalu, didapati bahwa sebagian besar guru di sekolah tersebut mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dengan sistem PJJ saat ini. “Ada juga kendala seperti merekap presensi dari media Google Form, karena harus mengirim link yang berbeda setiap harinya,” ujar perwakilan kelompok 12, Ezra Elkaar Zainuddin.

Lanjut Ezra, teknis kegiatan yang dilakukan kelompoknya pun banyak terkait pengoptimalan teknologi yang digunakan dalam praktik PJJ oleh para guru di sana. Arahan dan bantuan yang diberikan Ezra beserta rekan mahasiswanya misalnya seperti pembuatan video pembelajaran, pembagian soal, dan juga metode presentasi dalam platform daring.

Suasana pendampingan guru SDN Sukadamai 3 Bogor mengenai platform untuk PJJ.

Untuk memudahkan pendampingan, tim mahasiswa yang ada di bawah bimbingan Danu Utama ST MT ini dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan tiga sampai empat orang. Setiap kelompok tersebut kemudian disebar ke tiap tingkatan kelas untuk memberikan materi tentang media pembuatan presensi siswa, pengumpulan tugas siswa, pembuatan video pembelajaran siswa, serta media pembelajaran melalui permainan.

Dengan intensnya jadwal pertemuan dengan para guru, membuat para mahasiswa makin mudah untuk melakukan simulasi serta mencari solusi tiap menemukan masalah. Dan selama kurang lebih satu bulan, realisasi program mereka pun menunjukan kemajuan bagi para guru dalam memanfaatkan teknologi untuk proses PJJ. “Para guru pun mengaku nyaman dan mudah selama mengikuti materi yang kami sampaikan,” ungkap mahasiswa Departemen Teknik Material dan Metalurgi ITS tersebut.

Sebagai bentuk edukasi pencegahan COVID-19, kelompok 12 KKNT ITS juga membuat poster dan video animasi himbauan masyarakat. Kampanye yang dilakukan lewat media sosial masing-masing anggota kelompok tersebut, juga diikuti dengan penyuluhan langsung kepada seluruh warga sekolah serta pembagian hand sanitizer, masker, dan face shield.

Foto bersama para guru SDN Sukadamai 3 Bogor dan mahasiswa KKNT Kelompok 12.

Secara keseluruhan, Ezra melihat kegiatan KKNT ini memberikan cukup banyak manfaat bagi dirinya dan kawan-kawannya selaku mahasiswa. Dari kegiatan ini, mereka mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang baru lewat program pendampingan terhadap para guru. “Kami pun merasa dituntut untuk dapat berfikir secara cepat, kreatif serta adaptif dalam memecahkan suatu masalah,” pungkasnya. (tri/yok)

Berita Terkait