ITS News

Sabtu, 28 September 2024
18 Oktober 2020, 22:10

Planopolis 2020 Tumbuhkan Potensi Perencana Muda

Oleh : itsjev | | Source : ITS Online

Webinar, salah satu kegiatan dalam serangkaian acara Planopolis 2020

Kampus ITS, ITS News — Sebagai upaya memenuhi tanggung jawab dalam mewujudkan fungsi pengabdian masyarakat, Himpunan Mahasiswa Planologi (HMPL) Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengadakan kegiatan berbasis keprofesian PWK yaitu Planopolis 2020. Acara tahunan yang terdiri atas webinar dan lomba tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang profesi perencana sekaligus menjaring potensi perencana-perencana muda.

Ketua panitia Planopolis 2020, Dyonisius Herman Kristianto, menjelaskan bahwa Planopolis 2020 diselenggarakan demi memberi kegiatan yang interaktif dan edukatif kepada masyarakat. “Selain itu, HMPL menjalankan kewajibannya untuk mengenalkan nama PWK kepada kalangan luas dengan diadakannya acara dalam branding tingkat departemen,” jelas Dion kepada kru ITS Online.

Mengusung tema Green Development for Sustainable City, Planopolis 2020 mengambil isu utama yang menggambarkan kondisi dan permasalahan yang terjadi di Indonesia, terutama masalah lingkungan. Konsep kota hijau sebagai tema besar Planopolis 2020, menurut Dion, diangkat karena seiring berkembangnya zaman, keterbatasan daya dukung lingkungan dalam membangun kota berkelanjutan semakin tinggi sehingga dibutuhkan adanya solusi dan penyelesaian.

Oleh karena itu, Planopolis 2020 menerapkan konsep Pembangunan Kota Hijau (Green City) sebagai salah satu solusi yang ditawarkan. Green City adalah konsep pembangunan kota yang disusun dengan tetap menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan. “Karena dalam konsep Pembangunan Kota Hijau ( Green City) terdapat komponen-komponen yang diyakini dapat menyelesaikan permasalahan tersebut,” papar Dion.

Kegiatan Planopolis 2020 terdiri atas lomba yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan pelajar SMA/sederajat dengan beberapa kategori dan webinar. Adapun agenda lomba yang sudah berjalan sejak 27 Juli 2020 tersebut terbagi atas dua kategori yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) berskala nasional bagi pelajar dan mahasiswa dan lomba berbasis kreativitas bernama Creatopolis. LKTI tersebut terdiri dari dua sublomba yaitu Lomba Aplikasi Sketch Up untuk umum dan Lomba Poster untuk pelajar SMA/sederajat.

Sementara itu, kegiatan webinar dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2020 melalui aplikasi Zoom dan Live Streaming YouTube HMPL ITS. Topik yang diusung berupa Pengelolaan Sampah untuk Mewujudkan Kota Hijau di Masa Depan dan mengundang tokoh-tokoh berpengalaman seperti Wakil Gubernur Jawa Timur Dr H Emil Elestianto Dardak BBus, MSc, Koordinator Kota Earth Hour Surabaya Adriani Valianda Tobing, dan Dosen PWK ITS Rulli Pratiwi Setiawan PhD.

Dion berharap dengan terselenggarakannya kegiatan Planopolis 2020 ini, ITS bisa semakin dikenal masyarakat luas, terutama departemen PWK. “Serta ITS lebih bisa memberikan dukungan terhadap acara departemen seperti adanya Planopolis. Sehingga melalui acara-acara tersebut diharapkan nama ITS lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas,” pungkasnya. (jev/id)

Materi mengenai tumbunan sampah dari metropolitan yang disampaikan dalam webinar Planopolis 2020.

Berita Terkait