ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
16 Desember 2020, 15:12

Abmas ITS Beri Pelatihan Membuat Video Storytelling Anak

Oleh : itsmeg | | Source : ITS Online

Proses demo materi pembuatan video kepada guru dan orang tua TK dan PAUD PPT Keputih Ceria, Surabaya.

Kampus ITS, ITS News – Pada sistem pembelajaran daring, kreativitas pengajar dalam pembuatan bahan ajar sangat diperlukan. Melihat hal tersebut, tim pengabdian masyarakat (Abmas) Departemen Sistem Informasi (SI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berinisiatif melaksanakan pelatihan daring pembuatan video bertema “Storytelling untuk guru dan orang tua siswa PAUD.

Kepala Laboratorium Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi (IKTI) Departemen SI ITS, Dr Bambang Setiawan SKom MT menerangkan, storytelling atau bercerita sendiri merupakan kompetensi yang perlu dikuasai oleh anak. Melalui bercerita, anak dilatih untuk berkomunikasi di depan banyak orang. “Anak juga dilatih untuk berpikir kreatif dalam memilih tema, menjawab pertanyaan seputar cerita yang dibawakan, hingga menjadi pendengar yang baik,” ungkapnya.

Hal tersebut dikatakan Bambang menjadi landasan pemilihan tema pelatihan. Ia menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan dilaksanakan secara bertahap. Pada tahap pertama, peserta mendapatkan video dan salinan digital materi pembelajaran sebelum pelatihan dilakukan. “Sedangkan pada tahap kedua, peserta mengikuti demonstrasi materi melalui media konferensi video selama dua hari,” lanjutnya. 

Lebih lanjut, Bambang memaparkan bahwa materi yang diajarkan meliputi penyuntingan video bercerita menggunakan komputer, laptop, serta gawai. Selain materi, Bambang mengaku, peserta difasilitasi pendampingan melalui grup media sosial. “Sehingga peserta dapat langsung berdiskusi dan mencoba kembali materi yang diajarkan pada pelatihan,” ucap dosen Sistem Informasi ini.

Hasilnya, pelatihan tersebut dikatakan oleh Bambang menuai respon positif peserta. Ia dan tim pun mampu menarik kesimpulan bahwa materi pembuatan video dengan gawai lebih sesuai untuk peserta pelatihan tersebut. “Tim Abmas Departemen SI siap mendampingi kembali jika para guru dan orang tua membutuhkan pelatihan lebih lanjut di masa mendatang,” ungkapnya.

Ia juga merasa bersyukur atas terlaksananya pelatihan pada November lalu ini. Diikuti oleh guru dan orang tua siswa dari TK dan PAUD PPT Keputih Ceria, Surabaya, Bambang menaruh harapan pada pengaruh pelatihan tersebut. “Semoga materi tersebut bisa diaplikasikan dalam proses pembelajaran di TK dan PAUD oleh peserta,” pungkasnya. (meg/fat)

Suasana pelatihan pembuatan dan editing video storytelling bagi guru dan orang tua siswa PAUD berlangsung.

Berita Terkait