ITS News

Kamis, 26 September 2024
18 Desember 2020, 10:12

Desain Tas Tahan Air Bernuansa Malam di Jepang

Oleh : itsri | | Source : ITS Online

Haura Salwa Hafizhah menunjukkan desain tas laptop waterproof garapannya, yang berhasil meraih juara 2

Kampus ITS, ITS News – Ide kreatif dan inovatif mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tak pernah tersendat meski memasuki minggu perkuliahan yang padat. Salah satunya lahir dari Haura Salwa Hafizhah, mahasiswa Departemen Desain Produk ITS yang menggagas desain tas laptop tahan air bernuansa malam di Jepang.

Salwa, sapaan akrabnya, memang memiliki ketertarikan pada estetika negeri matahari terbit, khususnya estetika modern. Oleh karena itu, pada desain tas yang diusung, Salwa menggunakan perpaduan warna dari lampu neon yang menerangi kota-kota besar di Jepang. “Kota itu didominasi warna ungu dan biru, seperti warna yang saya tuangkan dalam desain,” jelas mahasiswa angkatan 2019 ini.

Selain kombinasi cahaya lampi neon, citra kota metropolitan di Jepang dengan gedung menjulang tinggi juga menginspirasi Salwa. Bentuk dari jajaran gedung itu ia tuangkan pada goresan garis yang membentuk kotak dan menghiasi rupa tas bertitel Waterproof Modern Design Laptop Backpack miliknya. “Terlepas dari estetika, saya juga memilih material yang sesuai untuk mempertahankan fungsi dari tas,” terang penyuka fotografi ini.

Waterproof Modern Design Laptop Backpack rancangan Haura Salwa Hafizhah

Sesuai dengan ide desainnya yang mengangkat ketahanan terhadap air, mahasiswa kelahiran 2001 ini menggunakan kain taslan di bagian luar tas. Ia pun menambahkan penggunaan kain PVC agar memberikan kesan mengkilap pada tas. “Saya pun menambahkan material yang tepat agar tasnya tidak terlalu kaku,” lanjut gadis yang sempat mengalami creative block dalam pembuatan karyanya ini.

Mahasiswa asal Cirebon ini menambahkan, desain dari tas laptop ini memang sengaja dibuat sederhana dari luar. Meskipun begitu, bukan berarti tak ada kejutan lain yang Salwa sisipkan. Tas yang sedari awal berguna untuk membawa laptop ini pun ia lengkapi dengan tempat penyimpanan di dalamnya. “Dengan begitu, pemilik tas akan memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan barang bawaan yang lain,” urainya.

Material yang digunakan pada desain tas laptop tahan air garapan mahasiswa ITS

Sebagai informasi, tahap pemantapan ide dan penggambaran sketsa tas laptop tahan air ini dilakukan secara paralel guna mempersingkat waktu dan menghasilkan desain yang sesuai harapan. Alhasil, berkat usahanya, desain tas laptop tahan air milik Salwa dapat meraih juara kedua pada perlombaan yang digelar oleh Politeknik ATK Yogyakarta pada November lalu. (ri/hen)

Berita Terkait