ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
12 Maret 2021, 19:03

Di Balik TO UTBK ILITS 2021

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Sesi Welcome berupa talkshow, sebelum pelaksanaan TO yang diawasi oleh forum daerah Sumatera Barat.

Kampus ITS, ITS News – Rangkaian Ini Lho ITS (ILITS) 2021 telah melewati puncak acaranya. Akan tetapi, masih banyak hal menarik dibaliknya yang sayang jika dilepas begitu saja, salah satunya ialah gelaran Try Out (TO) UTBK. Lewat ajang ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menghadirkan uji coba soal berbasis computer based test (CBT).

Kepada ITS Online, Ketua Panitia ILITS 2021, Auliansyah Rizki menyebutkan jika panitia ILITS menghadirkan banyak inovasi agar helatan ini tetap sukses. Salah satunya, menggelar TO UTBK berbasis CBT secara mandiri. Kilas balik sejenak, pelaksanaan TO UTBK ILITS dari tahun ke tahun cenderung bekerja sama dengan pihak lain. “Sekarang, kami menggarapnya penuh bersama Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) ITS,” tutur pemuda ini.

Mahasiswa kelahiran Yogyakarta tersebut mengaku, TO dengan sistem baru yang dirancang DPTSI membawa tantangan tersendiri bagi panitia. Yang mana, menurutnya, sistem baru ini masih memerlukan banyak penyesuaian. Untuk mengantisipasinya, pihak penyelenggara rutin melakukan koordinasi dan penyesuaian bersama DPTSI. 

Lebih dalam lagi, Rizki mengatakan, TO UTBK ILITS menyajikan beberapa keunggulan dibandingkan ajang serupa lainnya. Pertama, biaya pendaftarannya yang sangat terjangkau, di mana peserta mampu mendaftar secara gratis atau merogoh kocek hingga maksimal Rp 20 ribu. “Dengan harga tersebut, peserta dapat mengakses delapan paket soal dan pembahasannya,” ungkap mahasiswa Departemen Teknik Sistem dan Industri ini.

Tidak sekadar itu, ILITS juga menyiapkan hadiah khusus bagi sepuluh peserta dengan nilai TO terbaik. Rizki melanjutkan, pemeringkatan nilai TO tersebut diambil dari peserta asal 34 provinsi di Indonesia. Hal ini lantaran, ILITS turut menggandeng beragam forum daerah (Forda) yang ada di kampus. “Harapannya, hasil TO dari total 2.500 peserta tersebut mampu merepresentasikan kondisi persaingan UTBK yang sebenarnya,” sebutnya.

Takshow Inspiratif, salah satu rangkaian acara ILITS 2021 sebagai pengenalan ITS kepada pelajar.

Terakhir, Rizki berujar bahwa TO ILITS 2021 tidak hanya mengincar jumlah peserta yang banyak, tetapi juga menyisipkan nilai inspiratif bagi masyarakat. Menurutnya, nilai inspiratif tersebut dapat dipetik dari rangkaian acara ILITS berupa TO, open campus, pameran virtual, gelar wicara, serta ragam konten kreatif dalam mengenalkan Kampus Pahlawan. “Hal ini yang menjadi pegangan kami dalam beradaptasi di kondisi sekarang,” jelasnya mantap. (*)

Reporter: ion20
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait