ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
25 Maret 2021, 23:03

SPE ITS Membeberkan Langkah Menyiapkan Magang

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Hafiz Kasman menjelaskan beberapa cara membentuk dan meningkatkan pengalaman seseorang

Kampus ITS, ITS News – Ekspektasi tinggi mahasiswa pada kehidupan pasca kampus harus diimbangi dengan persiapan yang matang dan terstruktur. Salah satu langkah yang perlu direncanakan adalah kegiatan magang. Hal ini dibahas secara mendalam lewat webinar yang dihelat oleh Society of Petroleum Engineers (SPE) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Student Chapter, Minggu (21/3).

Mengangkat topik ‘How to Land Your Dream Internships?’, acara ini menghadirkan Co-Founder Kinobi Asia, Hafiz Kasman, sebagai pemateri. Ia membagikan beberapa tips dan informasi terkait tujuan pasca kampus dan masa magang yang pasti dialami oleh setiap mahasiswa. “Lebih baik untuk memiliki banyak target dan tujuan tentang itu daripada tidak punya sama sekali,” tegas Hafiz, sapaan akrabnya.

Terkait dengan magang, alumnus Singapore Management University ini membagikan empat langkah penting untuk mempersiapkan magang. Pertama adalah menetapkan target. Keberadaan target sangatlah krusial karena akan menjadi pedoman dan tujuan dalam memilah kegiatan apa yang diikuti selanjutnya. “Pastinya segera tentukan apa karier ideal impianmu di masa depan,” tekannya.

Ia mengakui masalah kebingungan dengan tujuan karier banyak dialami oleh mahasiswa saat ini. Ia pun menyarankan untuk meyakinkan diri sendiri terhadap pekerjaan apa yang berkaitan dengan hal yang digemari, sesuai keahlian yang dimiliki, apa yang dunia kerja butuhkan atau aspek yang menjadi urgensi saat ini, serta dimana kemampuan kita dapat dihargai. “Kuncinya adalah dengan mengenal diri sendiri lebih dulu,” sahutnya.

Langkah kedua untuk mempersiapkan magang adalah merencanakan pengalaman. Terdapat beberapa cara yang dapat ditempuh untuk membangun dan menambah pengalaman seperti mengikuti pelatihan, kerja sampingan, organisasi, atau kompetisi. “Memiliki berbagai pengalaman dalam bentuk yang berbeda akan memberikan variasi pembelajaran yang beragam pula,” jelas pria yang berdomisili di Singapura ini.

Langkah selanjutnya adalah mengemas dan membenahi diri serta mengamankan tempat magang yang diinginkan. Dua hal tersebut berkaitan dengan penyusunan Curriculum Vitae (CV) yang tepat untuk menunjukkan kesan diri yang baik kepada tempat magang yang dituju. “Hal itu juga dapat dilakukan dengan mengelola informasi tentang kalian di akun LinkedIn masing-masing,” tambah COO Kinobi ini.

Ia pun berpesan bahwa perlunya melalui berbagai fase untuk mencapai karier yang diimpikan. Bahkan ia menyarankan untuk melakukan beberapa kali proses magang. Ragam karir pilihan setiap individu pun tidak harus sama dengan keilmuan yang ditekuni di bangku perkuliahan. “Tidak perlu menunggu lama, start planning!” pungkasnya. (*)

 

Reporter : ion 11

Redaktur : Septian Chandra Susanto

Berita Terkait