ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
31 Maret 2021, 05:03

DTG ITS Terima Donasi Perangkat Lunak HRS dari CGG

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Gedung Departemen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Sumber: https://www.its.ac.id

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan perguruan tinggi yang unggul di bidang sains dan teknologi. Guna mendukung potensi ini, perangkat lunak menjadi elemen penting dalam menyokong kegiatan perkuliahan. Berkaitan dengan hal ini, Compagnie Générale de Géophysique (CGG), memberikan donasi lisensi Hampson-Russell Software (HRS), perangkat lunak pengolah data seismik dan karakterisasi reservoir kepada Departemen Teknik Geofisika (DTG) ITS, Jumat (19/3).

Teknisi Laboratorium DTG ITS, Hamzah Afif ST mengungkapkan, ITS merupakan salah satu perguruan tinggi terpilih yang terlibat dalam program University Donation CGG, perusahaan internasional yang bergerak di bidang geosains. Lelaki yang akrab disapa Hamzah tersebut menjelaskan bahwa dalam program ini, ITS menerima donasi lisensi perangkat lunak HRS yang berlaku selama satu tahun hingga 18 Maret 2022. “Perangkat lunak ini dapat digunakan di lima stasiun kerja dan akan dimanfaatkan langsung dalam pembelajaran, penelitian, maupun pengerjaan tugas akhir (TA),” ungkap laboran yang juga menamatkan program sarjana di DTG ITS ini.

Tampilan pendataan horizon, salah satu fitur Hampson Russell Software (HRS).
Sumber: https://www.researchgate.net

Secara teknologi, perangkat lunak HRS, imbuh Hamzah, menyajikan proses pengolahan dan interpretasi data yang lebih terpadu dengan hasil yang akurat. Oleh karenanya, dengan keunggulan ini, Hamzah meyakini bahwa donasi ini akan meningkatkan kualitas akademik DTG ITS. “Saya yakin software ini akan banyak membantu proses belajar dan meningkatkan kualitas serta kuantitas penelitian di DTG ITS dalam satu tahun kedepan,” sambung Hamzah optimis.

CGG sendiri merupakan salah satu pemangku kepentingan yang mempelajari berbagai fenomena fisika di bumi. Bahkan, pengetahuan dan teknologi CGG turut menjadi bahan ajar DTG ITS dalam rangka mempersiapkan mahasiswa di industri kelak. “Oleh karenanya, terpilihnya ITS  dalam program University Donation CGG ini merupakan peluang baik bagi DTG ITS kedepannya,” terang Hamzah. (*)

 

Reporter: ion8

Redaktur : Akhmad Rizqi Shafrizal

Berita Terkait