ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
31 Maret 2021, 14:03

Engineering Physics Week 2021 Sukses Dihelat di Tengah Pandemi

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Tampilan website EPW ITS 2021

Kampus ITS, ITS News – Departemen Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengadakan perhelatan tahunannya, yakni Engineering Physics Week (EPW) 2021. Dilaksanakan secara daring, rangkaian kegiatan yang mengusung tema Application Technology in Humanity ini resmi ditutup Minggu (7/3).

Dikatakan oleh Ketua Pelaksana EPW 2021, Redo Yudhistiranda, menyelenggarakan perhelatan tahunan secara daring tentu bukan perkara mudah. Keterbatasan pergerakan panitia untuk terjun langsung ke rayon-rayon kegiatan terpilih menurut Redo menjadi sebab berkurangnya peserta EPW tahun ini. “Selain itu, media penghubung antara panitia dan peserta menjadi terbatas akibat pandemi,” tambahnya.

Oleh karena itu, Redo bercerita bahwa sebelumnya panitia mengerahkan segenap pikiran dan tenaga karena harus merubah konsep acara yang telah dirancang sejak jauh-jauh hari. Kerja keras ini berbuah pada suksesnya penyelenggaraan rangkaian acara EPW sejak November tahun silam. “Karena tujuan EPW adalah untuk memperkenalkan Departemen Teknik Fisika ITS kepada masyarakat luas, khususnya pelajar sekolah menengah atas (SMA),” ungkapnya.

Ketua pelaksana EPW memberikan sambutan pada sub-event SNOW

Selain itu, menurut Redo, penyelenggaraan EPW juga dimaksudkan sebagai wadah untuk mengembangkan bakat baik siswa maupun mahasiswa dalam bidang teknik fisika. Demi mewujudkan hal tersebut, EPW 2021 menghelat tiga sub-acara, yaitu Smart Inovating of Writing (SNOW), Engineering Physics Challenge (EPC), dan EPW Fair.

Rangkaian acara dibuka pada Oktober 2020 lalu dengan SNOW, lomba karya tulis ilmiah (KTI) untuk siswa SMA dan mahasiswa.“KTI yang diikutsertakan tentunya harus berhubungan dengan Teknik Fisika serta diutamakan bermanfaat untuk masyarakat,” tuturnya.

Pengumuman pemenang lomba EPC 2021

Di samping SNOW, sub-acara EPC juga dihelat. EPC adalah ajang olimpiade fisika dan keteknikan bagi siswa SMA/sederajat. Dikatakan Redo, kegiatan ini menjadi favorit peserta SMA sebab hadiahnya berupa jalur khusus kuliah di Teknik Fisika ITS.

Rangkaian acara ditutup dengan EPW Fair. Dijelaskan oleh Redo, acara ini merupakan pertunjukan seni dan pameran karya Mahasiswa Teknik Fisika ITS yang dilaksanakan secara online. EPW Fair mengundang 2 pembicara yang merupakan dari Telkom Indonesia untuk menambah pengetahuan seputar dunia karir teknik fisika. Selain itu, dua grup musik tanah air turut memeriahkan penutupan EPW ini. (*)

Reporter: ion16
Radaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait