ITS News

Jumat, 27 September 2024
29 Mei 2021, 20:05

Perbaiki Pagar Batas Lahan, ITS Tutup Akses Perbatasan Mulyorejo

Oleh : itszar | | Source : ITS Online

Proses Pembangunan Pagar Pembatas antara Kampung Tegal Mulyorejo dan wilayah ITS.

Kampus ITS, ITS News – Menindaklanjuti upaya mengamankan lahan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) benahi kondisi pagar di area kampus yang mulai rusak. Kali ini, renovasi difokuskan pada pagar batas lahan ITS di sisi utara yang berbatasan dengan daerah Tegal Mulyorejo. Ke depannya, akses jalan bobolan dari wilayah tersebut menuju Masjid Ahmad Yani akan ditutup.

Wakil Rektor II ITS, Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD memaparkan bahwa akses jalan yang telah dibobol cukup lama tersebut berdampak pada dinding pagar ITS yang miring dan rusak. Tidak hanya itu, pagar yang bobol ini berujung pada beberapa sisi rumah penduduk masuk ke dalam lahan milik ITS.

Potret Wakil Rektor II ITS Ir Mas Agus Mardiyanto ME PhD.

Lebih lanjut, ia menyampaikan jika pembangunan pagar dinding perbatasan ini sudah dimulai sejak Kamis (22/4) lalu. Rencananya, proses renovasi akan dikerjakan tuntas hingga sekitar Kamis (19/8) yang akan datang. “Penutupan akses ini kemungkinan akan dilaksanakan pada periode akhir renovasi tersebut,” tutur Mas Agus.

Alumnus Teknik Sipil ITS ini mengungkapkan, bobolan yang ditutup bukan hanya akses menuju Masjid Ahmad Yani saja, melainkan seluruh bobolan pagar yang bersinggungan dengan beberapa pemilik rumah di daerah tersebut. “Selain itu pagar akan diluruskan sesuai dengan batas lahan dalam sertifikat tanah ITS,” jelasnya.

Mas Agus berujar, ITS telah melakukan pemberitahuan dan koordinasi dengan warga setempat terkait hal ini. Termasuk di antaranya berdiskusi dengan pengurus RT/RW dan takmir masjid sejak 2020 lalu.

Ilustrasi perbaikan pagar pembatasan pemukiman warga Tegal Mulyorejo Baru.

Lebih dalam lagi, wakil rektor ini menyebutkan jika renovasi ini akan sedikit mempengaruhi beberapa penduduk di Mulyorejo yang membuat akses jalur bobolan ke lahan ITS atau rumah mereka yang dindingnya menumpang di lahan ITS. “Meski demikian, pengerjaan renovasi ini tidak akan berdampak bagi pengguna Jalan Raya ITS,” ungkapnya. 

Terakhir, dosen ini mengungkapkan bahwa perbaikan perbatasan lahan di kampus Sukolilo akan dilakukan secara bertahap. “Selain di area tersebut, ke depannya, ITS juga akan membangun pembatas lahan di Desa Buncitan Sidoarjo,” imbuhnya mengakhiri. (*)

Reporter: Fatima Az Zahra
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika

Berita Terkait