ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
14 Oktober 2021, 08:10

Wujudkan Kepedulian, Mahasiswa ITS Adakan Kegiatan Sosial

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Mahasiswa ITS berkumpul di titik pemberangkatan sebelum membagikan nasi bungkus

Jombang, ITS News – Tak hanya bergerak di bidang akademik, mahasiswa Institut Sepuluh Nopember (ITS) juga aktif dalam kegiatan sosial. Tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Jombang (IMJ), mahasiswa-mahasiswi ITS rutin menyalurkan bantuan makanan melalui program kerjanya yang bernama social loyalty. Kegiatan ini dilaksanakan tiap bulan pada lokasi yang berbeda-beda. 

Kepala Divisi Sosial Masyarakat IMJ ITS, Ismawati Putri mengungkapkan bahwa kegiatan ini bernama social loyalty yang merupakan pembagian nasi bungkus untuk masyarakat kecil. Pemilihan nasi bungkus ini dilakukan karena dapat membantu mengurangi pengeluaran biaya harian. Target dari kegiatan ini  adalah para tukang becak, tukang penyeberang jalan, pedagang lampu merah, pedagang emperan, dan masyarakat yang mempunyai penghasilan harian relatif kecil. “Ongkos untuk membeli sarapan bisa mereka tabung untuk hal lain,” tutur perempuan yang disapa Isma ini.

Isma mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan setiap bulan dan telah berlangsung selama dua tahun serta akan dilanjutkan kedepannya. Penyaluran bantuan nasi bungkus di periode Oktober ini dimulai dari Alun-Alun Jombang dan menyebar ke daerah di sekitar Kecamatan Jombang. Lokasi pembagian ini menyesuaikan domisili mahasiswa IMJ mengingat kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran masih dilakukan secara daring. Akan tetapi kegiatan ini akan bisa saja dilakukan di daerah sekitar ITS apabila kuliah tatap muka sudah diberlakukan.

Penyerahan bantuan nasi bungkus di lampu merah

Kegiatan ini dimulai dengan melakukan pembukaan donasi melalui publikasi pada media sosial. Poster donasi kemudian disebarkan melalui media sosial IMJ dan donasi terbuka bagi masyarakat umum. Isma berharap agar kedepannya semakin banyak donatur sehingga dapat membantu lebih banyak pihak yang membutuhkan. “Semoga program ini terus ada walaupun anggota kepengurusan sudah berganti,” pungkasnya penuh harap.(*)

Reporter : ion20

Redaktur : Gita Rama Mahardhika

Berita Terkait