ITS News

Senin, 29 Juli 2024
09 November 2021, 07:11

ITS Beri Apresiasi Sivitas Akademika yang Berjasa bagi Almamater

Oleh : adminwebits | | Source : its.ac.id
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat memberikan sambutan sebelum memberikan penghargaan dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke-61 ITS

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat memberikan sambutan sebelum memberikan penghargaan dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke-61 ITS

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam memperingati Dies Natalis ke-61 memberikan penghargaan kepada para dosen, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa berprestasi sebagai apresiasi dari ITS atas kontribusi dan jasa mereka dalam membangun dan mengharumkan nama ITS. Sembilan penghargaan diserahkan oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng beserta para Wakil Rektor ITS secara virtual, Selasa (9/11).

Penyerahan penghargaan sebagai apresiasi dan wujud terima kasih ITS untuk orang-orang yang telah memberikan kontribusinya kepada ITS tersebut mengawali puncak peringatan Dies Natalis ke-61 ITS yang akan diselenggarakan pada 10 November besok. “Saya ucapkan terima kasih atas kehadirannya dan segala dedikasi bapak ibu kepada ITS selama ini,” tutur guru besar Teknik Elektro ini.

Penghargaan pertama adalah Wira Adhiakarya, yaitu penghargaan kepahlawanan yang diberikan kepada dosen ITS yang telah berjasa dan memberikan kemanfaatan kepada ITS atau masyarakat dengan berprestasi pada suatu bidang. Penghargaan diberikan kepada (almarhum) Dr Suhartono MSc, Prof Dr Taslim Ersam MS, Prof Dr Ir Sulistijono DEA, Prof Ir Noor Endah MSc PhD, Prof Ir Supeno Djanali MSc PhD, Prof Ir Eko Budi Djatmiko PhD, Dr Drs Bandung Arry Sanjoyo MIKomp, Putu Gde Ariastita ST MT.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Muhammad Najib (bawah), alumnus ITS yang menerima penghargaan yang diserahkan oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (kanan atas)

Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Muhammad Najib (bawah), alumnus ITS yang menerima penghargaan yang diserahkan oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (kanan atas)

Selanjutnya, penghargaan Wira Adhiaprakarsa merupakan penghargaan kepahlawanan yang diberikan kepada dosen atas peran dan kewenangannya dalam memprakarsai dan mengembangkan suatu unit organisasi di ITS, sehingga mampu membuat organisasi mencapai prestasi yang luar biasa. Penghargaan tersebut diberikan kepada (almarhum) Prof Ir Rahmat Purwono MSc, Ir Sritomo Wignjosoebroto MSc, Ir Syarifuddin Mahmudsyah MEng, dan (almarhum) Ir Susanto.

Sebagai informasi, Ir Syarifuddin Mahmudsyah MEng merupakan penggagas berdirinya Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Dalam sambutannya, Syarifuddin yang hadir secara daring sempat menceritakan sedikit sejarah awal berdirinya PENS, yang sebelumnya juga merupakan bagian dari kampus ITS.

Sedangkan penghargaan Wira Adhidarmakerti diberikan kepada dosen yang berdedikasi, penuh pengabdian, dan disiplin setidaknya selama 40 tahun di ITS. Penghargaan diberikan kepada Prof Dr Ir Vincentius Totok Noerwasito MT dari Departemen Arsitektur. Beliau merupakan dosen peneliti bidang kemanfaatan material. “Saya merasa tersanjung mendapat penghargaan ini karena menurut saya, karya saya tidak menonjol dan popular tapi sekecil apapun karya saya berkontribusi untuk ITS,” ungkap guru besar yang akrab disapa Totok ini.

Berikutnya, penghargaan Wira Adhiwasesa diberikan kepada alumni ITS yang memberikan jasa dan manfaat kepada ITS serta masyarakat. Penghargaan diberikan kepada Dr Eng Hary Budiarto MKom IPM yang merupakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Ir Lukman Mahfoedz, Ir Mohammad Djaelani, Mohammad Najib yang merupakan Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Ir Boy Robyanto ST MM sebagai Direktur Investasi Pelindo III, dan Mark Wijaya yang merupakan desainer mobil Ayla dan Agya.

Muhammad Najib menyampaikan, ia sangat berharap dengan jabatan barunhya sebagai Duta Besar untuk Kerajaan Spanyol dapat mengharumkan nama besar ITS baik di nasional maupun internasional. “Spanyol terkenal dengan industri pertambangan dan penerbangan. Sebagai duta besar, saya punya kewajiban untuk membantu kerja sama mahasiswa dalam melakukan kerja praktik. Saya tunggu di Madrid,” ujarnya bersemangat.

Ir Syarifuddin Mahmudsyah MEng (kiri) saat menerima penghargaan dari Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng

Ir Syarifuddin Mahmudsyah MEng (kiri) saat menerima penghargaan dari Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng

Sementara penghargaan Wira Adhibrata merupakan penghargaan kepahlawanan dalam memberikan kontribusi kemajuan. Penghargaan ini diserahkan kepada Henry Suwignjo yang merupakan Chief Financial Officer PT Bambang Djaja. Ia berkontribusi dalam ketenagalistrikan nasional, menyediakan fasilitas magang mahasiswa, dan dukungan ilmiah kepada dosen dan mahasiswa.

Hadir secara daring, Henry mengucapkan selamat Dies Natalis ke-61 kepada ITS. Kerja sama perusahaannya dengan ITS sudah berjalan dari tahun ’90-an sampai saat ini dalam membangun kelistrikan di Indonesia. “Kita selalu mendapat dukungan dari ITS terkait penelitian., semoga ITS ke depannya semakin jaya,” tuturnya.

Penghargaan selanjutnya adalah Wira Adhisatya merupakan penghargaan kepahlawanan atas kesetiaan dan pengabdian yang unggul diberikan kepada tenaga pendidikan ITS yang dianggap berprestasi, berintegritas, dan dapat menjadi teladan. Penghargaan diberikan kepada Yudi Mulyono, Lusiana Ariesanti SE, Ariyanto S Sos, Drs Hadi Siswanto, Dr Any Werdhiastutie ST MSi, Dwi Purnomo Hendradata ST, dan Anies Rosdyana AMd.

Kemudian, penghargaan Wira Adhimukti diberikan kepada mahasiswa ITS yang berprestasi luar biasa dalam bidang akademik dan nonakademik. Penghargaan diberikan kepada Amik Rafly Azmi Ulya dari Departemen Fisika sebagai team leader Ichiro ITS, Segara Bhagas Dagsapurwa dari Departemen Teknik Informatika sebagai tim Ichiro ITS, Achmad Zidan Akbar dari Departemen Teknik Informatika sebagai tim pembuat robot RAISA, Achmad Zaenuri Dahlan Putra dari Departemen Sistem Informasi peraih 3 medali emas dan 2 medali perunggu, dan Nadya Permata Sari dari Departemen Teknik Informatika yang juga meraih 3 medali emas dan 2 medali perunggu.

Para mahasiwa berprestasi ITS yang juga menerima penghargaan dalam rangka Dies Natalis ke-61 ITS

Para mahasiwa berprestasi ITS yang juga menerima penghargaan dalam rangka Dies Natalis ke-61 ITS

Selanjutnya adalah Ardi Lukman Hakim dari Departemen Kimia sebagai peraih 4 medali emas dan 3 medali perak, Irfan Arvianto dari Departemen Manajemen Bisnis sebagai Sociodemy yang memiliki pendapatan dari kewirausahaan di atas Rp 100 juta, Muhammad Adrian dari Departemen Teknik Sistem dan Industri sebagai wakil Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Akademik ITS, Rifqi Nadhif dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil sebagai wakil Mawapres Vokasi, Rizky Olda Putri Salsabilla dari Departemen Arsitektur sebagai peserta KKN 2021, dan Millads Anwari Fandiaz dari Departemen Teknik Fisika sebagai peserta KKN 2021.

Selanjutnya, diumumkan juga pemenang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) terbaik tahun 2021 di lingkungan ITS. Untuk kategori program studi yang belum tersertifikasi diberikan kepada S1 Desain Produk, S1 Manajemen Bisnis, dan S1 Desain Interior. Kategori yang telah tersertifikasi diberikan kepada S1 Arsitektur, S1 Statistika, S1 Biologi.

Untuk kategori Program Studi Terapan diberikan kepada D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi, D4 Teknologi Kimia Industri, dan D4 Teknologi Rekayasa Otomasi. Sedang untuk kategori Program Studi Magister diberikan kepada S2 Informatika, S2 Teknik Geomatika, dan S2 Biologi. Program Studi Doktor diberikan kepada S3 Ilmu Statistika, S3 Ilmu Komputer, dan S3 Ilmu Teknik Sipil.

Terakhir, pemenang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Terbaik 2021 pada peringkat 1 diraih oleh Departemen Statistika dan peringkat 2 oleh Departemen Teknik Sipil. Sedang pemenang Proses Pembelajaran Terbaik 2021 diraih oleh mata kuliah Pancasila, Fisika, Kewarganegaaran, Agama Islam, Wawasan Teknologi, dan Technopreneurship. Pemenang Penelitian Terbaik Pusat Penelitian DRPM ITS 2021 untuk peringkat 1 diraih oleh Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan, peringkat 2 oleh Pusat Penelitian Infrastruktur dan Lingkungan Berkelanjutan, serta peringkat 3 oleh Pusat Penelitian Material Maju dan Teknologi Nano. (HUMAS ITS)

Reporter: Silvita Pramadani

Berita Terkait