ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
13 November 2021, 00:11

ITS Gelar Konferensi Mahasiswa Pascasarjana Internasional

Oleh : itszah | | Source : ITS Online

(dari kiri atas) Prof Dr Mohammad Nasih, SE MT Ak saat menyampaikan sambutannya, Prof Dr Yoshihisa Baba, dan Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng yang turut hadir pada IPSConf 2021

Kampus ITS, ITS News – Bekerja sama dengan Association of Southeast Asian Institutions of Higher Learning (ASAIHL), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar konferensi mahasiswa pascasarjana International Postgraduate Student Conference (IPSConf) 2021. Konferensi bertajuk Striving for a Successful Postgraduate Research ini resmi dibuka pada Kamis (11/11).

Dalam sambutannya, Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengungkapkan bahwa konferensi ini merupakan wadah berbagi penelitian dan pengalaman antara mahasiswa pascasarjana dan berbagai profesor dari seluruh dunia. Selain itu, Ashari menerangkan, kegiatan dimaksudkan untuk mempertahankan keterampilan menulis dan penelitian akademik civitas akademik ITS.

Sebab, menurutnya, ITS sendiri senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian. ITS juga berkomitmen dalam memotivasi mahasiswa pascasarjana dalam sukses melakukan penelitian selama masa pandemi yang penuh tantangan ini. 

Di sisi lain, dengan adanya kerja sama dengan ASAIHL, Ashari berharap peserta konferensi mampu memperkaya pengalaman multikultural. Ia menyebutkan, konferensi ini diikuti peserta dari berbagai negara, antara lain Sri Lanka, Thailand, India, Malaysia, Filipina, Hongkong, Mexico, hingga Cuba. “Para peserta diarahkan mampu mengimplementasikan pengetahuan dari berbagai perspektif,” terangnya.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat menyampaikan sambutannya pada IPSConf 2021

Tidak berhenti sampai disitu, Wakil Presiden ASAIHL, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak, dalam sambutannya juga mengungkapkan bahwa sains, teknologi, dan inovasi merupakan elemen penting yang diperlukan untuk pemulihan dari kondisi krisis pandemi. “Oleh karena itu, kerjasama dan kolaborasi akan menjadikan kinerja kita lebih efektif,” paparnya.

Rektor Universitas Airlangga (UNAIR) ini juga menambahkan, perguruan tinggi memiliki peran penting dalam membantu masyarakat melalui keahlian dan pengetahuan. “Pendidikan tinggi memikul tugas penting untuk dapat menemukan dan mengembangkan suatu solusi atas masalah yang sedang dihadapi,” tegasnya.

Prof Dr Yoshihisa Baba Presiden ASAIHL sekaligus Presiden Soka University yang hadir dan membuka secara resmi IPSConf 2021

Sementara Presiden ASAIHL, Prof Dr Yoshihisa Baba, dalam pembukaan konferensi tersebut menyatakan harapannya yang besar atas jalannya kegiatan ini. Menurutnya, konferensi ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memperluas relasi dan menjalin kerja sama skala nasional maupun internasional.

Presiden Soka University ini juga menyampaikan, situasi pandemi menyulitkan manusia untuk menjalin koneksi. Hal ini akan mengakibatkan terbaginya pada persaingan skala global. “Sekarang adalah waktu bagi para peneliti muda untuk berkarya dalam memperjuangkan masa depan,” pungkasnya sekaligus membuka konferensi yang akan dilangsungkan selama tiga hari tersebut.(*)

Reporter: Faadhillah Syhab Azzahra
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait