ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
21 Desember 2021, 20:12

Entrepreneur Muda ITS Borong Tiga Penghargaan KMI EXPO

Oleh : itszar | | Source : ITS Online

Perwakilan ITS saat menerima penghargaan pada ajang KMI Expo XII.

Kampus ITS, ITS News – Para entrepreneur muda cetakan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) masih terus berupaya menghidupkan semangat berwirausahanya. Hal ini terbukti dengan 3 kemenangan yang dibawa pulang pada ajang bergengsi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021. Sebelumnya, ITS mengirim para peserta wirausaha yang telah didanai pada kompetisi sebelumnya, seperti Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) dan Pendampingan Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI).

Kepala Seksi Kewirausahaan dan Bimbingan Konseling Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS Muchammad Nurif SE MT mengungkapkan, tim mahasiswa ITS yang telah terdanai sebelumnya, kembali berlaga di KMI Expo XII untuk memperebutkan juara, baik dari ide usaha hingga stand terbaik. “Namun, di KMI Expo ini tim ITS juga ada yang mendaftar menjadi kategori umum,” imbuhnya.

Kepala Seksi Kewirausahaan dan Bimbingan Konseling Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS Muchammad Nurif SE MT.

Ia melanjutkan, meski demikian dua dari tiga tim berhasil membawa pulang penghargaan KMI award. “Juara pertama berhasil diraih oleh dari Tim Include Covid-19 dengan kategori umum non KBMI, serta Tim dari Ngiklan Yuk yang berhasil meraih juara harapan 1,” sebut dosen yang akrab disapa Nurif ini.

Untuk pameran KMI Expo XII ini berlangsung secara daring dan luring, yakni di Universitas Brawijaya (UB) dan melalui virtual expo yang diakses melalui website. Dari Kategori Stand/Pameran & Bazar Online yang diisi oleh tim-tim kebanggaan ITS berhasil mengantongi juara pertama. 

Stand online ITS kategori ASMI dan Umum pada pameran KMI Expo XII.

Partisipan standnya sendiri diisi oleh Tim Laros Woodart, Sanggar Edukasi, KINDcrete, Inbox-Deligo Cloud, Joken.id, dari KBMI. Lalu ada Tim Cukurin Indonesia, CariKado, Digiflux, Bahasa Booster, VENRA, ANORA, dari ASMI, dan  Tim Kamera Include C-19, Ngiklan Yuk, dan BUMI IBOE, dari kategori umum. “Dari kompetisi ini, diharapkan tim yang telah berhasil dapat menjadi alumni wirausaha ITS yang memotivasi mahasiswa lainnya dalam berbisnis,” ucap salah satu pendamping wirausaha mahasiswa Indonesia ini.

Dalam hal berwirausaha Nurif mengatakan, mahasiswa yang berniat serius untuk menggeluti ide bisnisnya, nantinya akan didorong oleh kampus untuk ikut dan menjadi bagian dari inkubator ITS. Guna mempersiapkan ITS sebagai Entrepreneur University, Nurif berharap, kedepannya ITS bisa menggencarkan pembinaan wirausaha, karena tahun ini ITS membawa tim terbanyak, diharapkan kedepannya yang ikut serta dalam KMI Expo bisa lebih banyak. “Target kedepannya semoga yang ikut KBMI bisa 10 tim, ASMI 10 tim, dan yang umum 5 tim,” harapnya di akhir. 

Gelaran ini diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Kemendikbudristek). Berlangsung dua hari sejak (17/11)  lalu, acara ini terdiri dari pameran dan presentasi final yang berujung pada sesi pemberian penghargaan untuk tim-tim terbaik di setiap kategorinya. (*)

Reporter: Fatima Az Zahra
Redaktur: Fatih Izzah

Berita Terkait