ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
07 Januari 2022, 13:01

LTMPT Gelar Konferensi Pers Penerimaan Maba 2022

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online
Pembukaan konferensi pers yang dipimpin oleh beberapa tim pelaksana LTMPT

Pembukaan konferensi pers yang dipimpin oleh beberapa tim pelaksana LTMPT.

Kampus ITS, ITS News – Pergantian tahun menuju 2022 menandakan semakin dekatnya masa penerimaan mahasiswa baru (maba). Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melaksanakan konferensi pers Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2022, Selasa (4/1). Pada konferensi ini dipaparkan jalur dan kuota penerimaan maba serta tanggal-tanggal penting terkait pengisian data LTMPT bagi calon maba dan sekolah.

Ketua LTMPT 2022, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menjelaskan bahwa PMB 2022 diikuti oleh tiga macam perguruan tinggi. Ktiganya yakni 75 PTN baik institut maupun universitas, 39 politeknik negeri, dan 11 perguruan tinggi keagamaan islam negeri. Ashari mengungkapkan terdapat tiga jalur masuk yang disediakan oleh LTMPT. “Ada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri,” jelasnya.

Tak hanya itu, Ahli di bidang teknik sumber tenaga tersebut mengatakan kuota yang disediakan berbeda di setiap jalurnya. Mulai dari jalur SNMPTN yang memiliki kuota 20%, jalur SBMPTN memiliki kuota sebesar 40%, dan jalur mandiri sebesar 30%. “Kecuali PTN Badan Hukum, minimum kuota SBMPTN berjumlah 30%, sedangkan jalur mandiri maksimum kuota sebesar 50%,” ucapnya.

Penjelasan jalur dan kuota penerimaan maba yang dipaparkan oleh Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng.

Selain itu, alumni Curtin University ini juga menekankan kepada siswa dan sekolah untuk segera registrasi akun di LTMPT. Karena akun tersebut merupakan perantara siswa untuk melakukan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) – SBMPTN dan SNMPTN. “Sedangkan untuk sekolah, akun LTMPT tersebut berfungsi untuk pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS),” kata Rektor ITS tersebut.

Menurut Ashari, batas registrasi akun LTMPT untuk pengisian PDSS adalah Selasa (4/1) sampai dengan Sabtu (15/1). Sedangkan untuk siswa, pendaftaran SNMPTN dimulai dari Senin (10/1) sampai dengan Sabtu (15/1) dan pendaftaran UTBK-SBMPTN dimulai dari Jumat (14/1) sampai dengan Kamis (17/3). (*)

Reporter: Bima Surya Samudra
Redaktur: Gita Rama Mahardhika

Berita Terkait